Pada
era digitalisasi informasi dan tuntutan persaingan global dewasa ini memberikan
tantangan tersendiri bagi kepala sekolah (satuan pendidikan) sebagai ujung
tombak pelaku penyelenggaraan pendidikan. Hal ini memerlukan upaya untuk meningkatkan
kompetensi bagi kepala sekolah agar selalu dapat melihat dan melakukan
pengembangan sekolah seiring dengan tuntutan dan perkembangan peradaban manusia
pada masanya.
Dalam
upaya tersebut tentunya kepala sekolah sebagai pelaku penyelenggaraan
pendidikan harus dapat melakukan analisis manajemen yang meliputi faktor
internal maupun eksternal.
Analisis
manajemen yang meliputi faktor internal maupun eksternal diperlukan saat
sekolah melaksanakan siklus pemetaan mutu pada Sistem Penjaminan Mutu Internal
(SPMI) dengan kegiatan utamanya adalah melakukan evaluasi diri sekolah (EDS) dengan
cara mengisi instrumen pemetaan mutu menggunakan aplikasi pemetaan mutu. Dari
kegiatan ini dihasilkan rapor mutu yang menggambarkan capaian SNP di satuan
pendidikan sebagai gambaran kekuatan dan kelemahan sekolah. Hasil analisis
rapor mutu inilah dikembangkan rencana pengembangan sekolah.
Kegiatan
analisis membutuhkan alat atau teknik analisis yang tepat. Dalam melakukan
analisis yang lengkap sampai pada proses pengambilan keputusan yang rasional,
logis dan dalam menentukan cara yang tepat,untuk mencapainya dibutuhkan beberapa
alat analisis. Ada ragam alat analisis yang dapat digunakan dalam melakukan
kegiatan analisis manajemen.
salah
satu alat yang digunakan adalah teknik analisis Strength Weakness, Opportunity
Threats (SWOT). Modul ini membekali peserta agar dapat menyusun teknik analisis
manajemen (TAM) dengan fokus pada analisis SWOT. Selanjutnya membekali peserta
agar dapat membangun SPMI dengan fokus pada siklus pemetaan mutu, dimana
kegiatannya adalah melakukan EDS, menganalisis rapor mutu, membuat rencana
pemenuhan mutu, melaksanakan pemenuhan mutu, evaluasi/audit pemenuhan mutu dan
penetapan standar mutu. Nilai-nilai karakter yang diintegrasikan pada bahan
ajar ini adalah kemandirian (sub nilai kreatif dan teguh prinsip), integritas
(sub nilai tanggungjawab), dan gotong royong (sub nilai kerjasama dan aktif
berdiskusi).
Target Kompetensi
Setelah
memelajari modul Teknik Analisis Manejemen (TAM) ini saudara diharapkan mampu
Menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkatan perencanaan.
Daftar
isi Modul / Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Teknik Analisis Manajemen
(MPPKS - TAM) terdiri dari:
SAMBUTAN
DAFTAR
ISI
DAFTAR
TABEL
DAFTAR
GAMBAR
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Target Kompetensi
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
D.
Ruang Lingkup dan Pengorganisasian Pembelajaran
E.
Cara Penggunaan Modul
KEGIATAN
PEMBELAJARAN 1 TEKNIK ANALISIS MANAJEMEN (TAM)
A.
Tujuan Pembelajaran
B.
Indikator Pencapaian Tujuan
C.
Materi Pembelajaran dan Sumber Belajar
D.
Aktivitas Pembelajaran
E.
Penguatan
F.
Rangkuman
G.
Refleksi dan Tindak Lanjut
H.
Evaluasi
KEGIATAN
PEMBELAJARAN 2 SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI)
A.
Tujuan Pembelajaran
B.
Indikator Pencapaian Tujuan
C.
Materi Pembelajaran dan Sumber Belajar
D.
Aktivitas Pembelajaran
E.
Penguatan
F.
Rangkuman
G.
Refleksi dan Tindak Lanjut
H.
Evaluasi
PENUTUP
DAFTAR
PUSTAKA
DAFTAR
BACAAN
LAMPIRAN
Rapor
Mutu Sekolah
a.
Sekolah Dasar (SD)
b.
Sekolah Menengah Pertama (SMP)
c.
Sekolah Menengah Atas (SMA)
d.
Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
DAFTAR
TABEL
Tabel
1. Ragam Alat Analisis
Tabel
2. Matrik SWOT
Tabel
3. Kategori Skor Capaian SNP
Tabel
4. Analisis dan Penyusunan Rekomendasi terhadap Hasil Pemetaan Mutu
DAFTAR
GAMBAR
Gambar
1. Langkah-Langkah Pembelajaran
Gambar
2. Siklus SPMI
Gambar
3. Diagram Alir Pemetaan Mutu
Gambar
4. Contoh rapor mutu.
Download/unduh
Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Teknik Analisis Manajemen (MPPKS -
TAM) tahun 2019 selengkapnya di bawah ini: