Keberhasilan
program pendidikan melalui proses belajar-mengajar sangat dipengaruhi oleh
banyak faktor, salah satu di antaranya adalah tersedianya pendidik dan tenaga
kependidikan yang memadai, kompeten dan profesional. Pendidik dan tenaga kependidikan
merupakan salah satu sumber daya yang penting dan utama dalam menunjang proses
pembelajaran di sekolah, untuk itu perlu dilakukan peningkatan dalam
pemberdayaan dan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan agar tujuan sekolah
dapat tercapai secara maksimal.
Berdasarkan
hal-hal tersebut di atas, sejalan dengan amanat Permendiknas Nomor 13 tahun
2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, seorang kepala sekolah perlu
menguasai kompetensi untuk mengelola pendidik dan tenaga kependidikan sekolah.
Materi ini didesain untuk program Pelatihan PenguatanKompetensi Kepala Sekolah
bagi kepala sekolah agar memiliki kemampuan untuk mengelola pendidik dan tenaga
kependidikan sesuai dengan peraturan yang berlaku, baik dari aspek merencanakan
kebutuhan, membina, memberikan kesempatan perkembangan profesi pendidik dan
tenaga kependidikan.
Untuk
menguasai dimensi kompetensi ini, Saudara diminta untuk mengkaji peraturan yang
berkaitan dengan standar kualifikasi akademik dan kompetensi pendidik, tenaga
administrasi sekolah, tenaga perpustakaan sekolah, tenaga laboratorium sekolah,
dan konselor. Selanjutnya berdasarkan peraturan tersebut, Saudara melakukan
diskusi untuk menentukan solusi/alternatif pemecahan masalah pada studi kasus.
Pada kegiatan diskusi lakukan kerjasama yang baik untuk kemaslahatan bersama.
Modul
ini juga disusun dengan mempertimbangkan masalah social inclusion dengan tidak
membedakan suku, agama, ras, gender dan status sosial. Selain itu, modul ini
mengintegrasikan nilai-nilai karakter, yakni nilai karakter integritas
(disiplin dan tanggungjawab) dan gotong royong (aktif diskusi dan kerjasama).
Target
Kompetensi
Target
kompetensi yang diharapkan pada modul ini, Saudara mampu mengelola guru dan
staf dalam rangka pendayagunaan sumberdaya manusia secara optimal (Permendiknas
No 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, kompetensi 2.6).
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Setelah
mempelajarai modul ini Saudara diharapkan dapat:
1.
Mengidentifikasi
kualifikasi akademik dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai
dengan peraturan yang berlaku
2.
Menganalisis
permasalahan kompetensi dan kualifikasi yang berkaitan dengan pengelolaan guru,
tenaga administrasi sekolah, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, dan
konselor untuk penentuan solusi/ alternatif pemecahan masalah secara tepat.
3.
Merancang
kebutuhan guru, tenaga administrasi sekolah, tenaga perpustakaan, tenaga
laboratorium dan guru BK/konselor dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku.
DAFTAR
ISI
SAMBUTAN
DAFTAR
ISI
DAFTAR
TABEL
DAFTAR
GAMBAR
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Target Kompetensi
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
D.
Ruang Lingkup dan Pengorganisasian Pembelajaran
E.
Cara Penggunaan Modul
KEGIATAN
PEMBELAJARAN I
Pengelolaan
Guru
A.
Tujuan Pembelajaran
B.
Indikator Pencapaian Tujuan
C.
Materi
D.
Aktifitas Pembelajaran
E.
Penguatan
F.
Rangkuman
G.
Refleksi dan Tindak Lanjut
H.
Evaluasi
KEGIATAN
PEMBELAJARAN 2
Pengelolaan
Tenaga Administrasi Sekolah
A.
Tujuan Pembelajaran
B.
Indikator Pencapaian Tujuan
C.
Materi
D.
Aktifitas Pembelajaran
E.
Penguatan
F.
Rangkuman
G.
Refleksi dan Tindak Lanjut
H.
Evaluasi
KEGIATAN
PEMBELAJARAN 3 Pengelolaan Tenaga Perpustakaan
A.
Tujuan Pembelajaran
B.
Indikator Pencapaian Tujuan
C.
Materi
D.
Aktifitas Pembelajaran
E.
Penguatan
F.
Rangkuman
G.
Refleksi dan Tindak Lanjut
H.
Evaluasi
KEGIATAN
PEMBELAJARAN 4
Pengelolaan
Tenaga Laboratorium
A.
Tujuan Pembelajaran
B.
Indikator Pencapaian Tujuan
C.
Materi
D.
Aktifitas Pembelajaran
E.
Penguatan
F.
Rangkuman
G.
Refleksi dan Tindak Lanjut
H.
Evaluasi
KEGIATAN
PEMBELAJARAN 5
Pengelolaan
Guru BK/Konselor
A.
Tujuan Pembelajaran
B.
Indikator Pencapaian Tujuan
C.
Materi
D.
Aktifitas Pembelajaran
E.
Penguatan
F.
Rangkuman
G.
Refleksi dan Tindak Lanjut
H.
Evaluasi
DAFTAR
TABEL
Tabel
1. Tugas Kepala Tenaga Administrasi sekolah/ madrasah
Tabel
2. Tugas Pelaksana Urusan Administrasi Kepegawaian
Tabel
3. Tugas utama pelaksana urusan administrasi keuangan
Tabel
4. Pelaksanan Administrasi Inventarisasi dan Kelengkapan sekolah
Tabel
5. Tugas Adminitrasi Persuratan
Tabel
6. Tugas Pelaksana Urusan Administrasi Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
Tabel
7. Tugas administrasi Kesiswaan
Tabel
8. Tugas Adminitrasi Kurikulum
Tabel
9. Penjaga Sekolah/ Madrasah
Tabel
10. Tugas Tukang Kebun
Tabel
11. Tugas Tenaga Kebersihan
Tabel
12. Tugas Pengemudi
Tabel
13. Tugas Pesuruh
Tabel
14. Tugas Satpam
Tabel
15. Tugas dari operator dapodik
Tabel
16. Pemetaan Dimensi Kompetensi Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah
Tabel
17. Sumber kondisi laboratorium
Download/unduh
Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Pengelolaan Pendidik dan Tenaga
Kependidikan (MPPKS - PTK) tahun 2019 selengkapnya di bawah ini: