Mempertimbangkan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar
Proses dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran padaP endidikan
Dasar dan Pendidikan Menengah, komponen RPP di atas secara operasional dapat
diwujudkan dalam contoh format RPP berikut ini.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP...)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/ Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
C. Tujuan
Pembelajaran
D. Materi
Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran reguler
2.
Materi pembelajaran pengayaan
3.
Materi pembelajaranp remedial
E. Metode
Pembelajaran
F. Media dan Bahan
G. Sumber Belajar
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Pertemuan pertama
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti
c.
Kegiatan Penutup
2.
Pertemuan kedua
….
Dst…
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian
a.
Sikap spiritual
b.
Sikap sosial
c.
Pengetahuan
d.
Keterampilan
2.Pembelajaran
remedial
3.
Pembelajaran pengayaan
Jakarta,
......, .......................
Mengetahui
Kepala
SMP
_____________________________
NIP.
...
5.
Penulisan isi setiap komponen dalam RPP
Di
bawah ini adalah petunjuk cara menulis RPP berdasarkan contoh format di atas.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP 1)
Sekolah :
… (Misal: SMP .......)
Mata Pelajaran : ... (Misal: Matematika)
Kelas/Semester : … (Misal: VII/Dua)
Materi Pokok :
... (Misal: Aritmetika Sosial)
Alokasi Waktu : … (Misal: 3 Pertemuan (6 JP))
A. Kompetensi Inti
Petunjuk:
Tulis keempat KI.
CONTOH
KI-1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
KI-2 :
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
1.
Rumuskan
2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
2.
Indikator
merupakan jabaran dari KD.
3.
Indikator
pencapaian kompetensi adalah: (a) perilaku yang dapat diukur dan/atau
diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4;
dan (b) perilaku yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD
pada KI-1 dan KI-2.
4.
Indikator
KD dari KI-3 mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural sesuai
tuntutan/kandungan KD dengan kemampuan kognitif mengingat, memahami,
menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan/atau mencipta.
5.
CONTOH
KD
|
Indikator
|
KD dari KI-1 (bila ada)
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator
pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
|
KD dari KI-2 (bila ada)
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator
pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
|
KD dari KI-3
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator
pencapaian
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Petunjuk:
1.
Rumuskan
1 (satu) atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian
kompetensi.
2.
Dalam
hal indikator pencapaian kompetensi sangat specific dan tidak dapat diuraikan
lagi, rumusan tujuan pembelajaran sama dengan indikator pencapaian kompetensi
tersebut.
3.
Apabila
sebuah indikator pencapaian kompetensi masih dapat dirinci lagi, indikator
pencapaian kompetensi tersebut dijabarkan ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan
pembelajaran.
4.
Tujuan
pembelajaran mengandung unsur: audience (A), behavior (B), condition (C), dan
degree (D).
5.
Tujuan
pembelajaran dirumuskan untuk masing-masing pertemuan.
CONTOH
Pertemuan
pertama
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.
...
2.
...
3.
...
Dst.
Pertemuan
kedua
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.
...
2.
...
3.
...
Dst.
Fokus
penguatan karakter:
(Tulis
satu, dua, atau tiga nilai sikap utama yang hendak secara terencana
ditanamkan/ditumbuhkan melalui pembelajaran yang direncanakan melalui RPP
ini.Nilai-nilai sikap utama yang dimaksud adalah nilai-nilai sikap sebagaimana
terkandung dalam kompetensi inti sikap spiritual dan sikap sosial serta nilai-nilai
utama yang diprioritaskan oleh pemerintah dan satuan pendidikan yang
bersangkutan.Nilai-nilai yang dijadikan fokus dipilih berdasarkan kesesuaiannya
dengan materi/kompetensi yang dibelajarkan dan/atau metode pembelajaran yang
diterapkan.Butir nilai sikap dituliskan dalam kata benda).
Contoh:
kejujuran, kedisiplinan
D. Materi
Pembelajaran
Petunjuk:
1.
Tulis
tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi
pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
2.
Butir-butir
materi yang dimaksud harus relevan dengan indikator pencapaian kompetensi yang
mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural sesuai
tuntutan/kandungan KD
CONTOH
1.
Materi pembelajaran reguler
… (Tulis
tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi sebagaimana dicakup oleh
KD).
1 Teks ... (contoh
teks terlampir)
2 Fungsi sosial teks
... (uraian singkat terlampir)
3 Struktur teks ...
(uraian singkat terlampir)
4 Grammar: ...
(uraian singkat terlampir)
5 Kosakata terkait dengan
tema ... (contoh daftar kata terlampir)
6 Tanda
baca/pengucapan/intonasi ... (uraian singkat terlampir)
2.
Materi pembelajaran pengayaan
… (Tulis sejumlah
butir materi (kompetensi) pengayaan/perluasan/pendalaman dari yang
dicakup oleh materi pembelajaran
reguler).
a. Grammar: ...
(uraian singkat terlampir)
b. Kosakata terkait
dengan tema ... (contoh daftar kata terlampir)
c. Tanda
baca/pengucapan/intonasi ... (uraian singkat terlampir)
3.
Materi pembelajaran remedial
… (Tulis sejumlah butir
materi reguler yang diperkirakan sulit dikuasai oleh
sebagian/seluruh
peserta didik).
a. Grammar: ...
b. Kosakata terkait
dengan tema ...
E. Metode
Pembelajaran
Petunjuk:
1.
Tulis
satu atau lebih metode pembelajaran yang diterapkan.
2.
Metode
pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran aktif yang efektif dan efisien
memfasilitasi peserta didik mencapai indikator-indikator KD beserta kecakapan
abad 21.
CONTOH
Pembelajaran
dengan Metode Ilmiah
F. Media dan Bahan
Petunjuk:
1.
Media
Tulis
spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart,
gambar, realia, dsb.).
CONTOH
a.
Video/film:
Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal
pengunduhan)
b.
Rekaman
audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan
tanggal pengunduhan)
c.
Model:
Nama model yang dimaksud
d.
Gambar:
Judul gambar yang dimaksud
e.
Realia:
Nama benda yang dimaksud
2.
Bahan
Tulis
spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang diperlukan.
G. Sumber Belajar
Petunjuk:
Tulis
spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran,
situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.).
CONTOH
1.
Buku
siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
2.
Buku
referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan:
Penerbit (halaman).
3.
Majalah:
Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor,
Tahun, (halaman).
4.
Koran:
Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
5.
Situs
internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap
dengan tanggal pengunduhan)
6.
Lingkungan
sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
7.
Narasumber:
Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya
8.
Lainnya
(sesuai dengan aturan yang berlaku)
5. Pelaksanaan Pembelajaran
a.
Persyaratan Pelaksanaan Proses
Pembelajaran
1)
Alokasi Waktu Jam Tatap Muka
Pembelajaran
a) SD/MI : 35 menit
b) SMP/MTs : 40 menit
c) SMA/MA : 45 menit
d) SMK/MAK : 45 menit
2)
Rombongan belajar
Jumlah
rombongan belajar per satuan pendidikan dan jumlah maksimum peserta didik dalam
setiap rombongan belajar dinyatakan
No
|
Satuan Pendidikan
|
Jumlah Rombongan Belajar
|
Jumlah Maksimum Peserta Didik Per Rombongan Belajar
|
1
|
SD/MI
|
6-24
|
28
|
2
|
SMP/MTs
|
3-33
|
32
|
3
|
SMA/MA
|
3-36
|
36
|
4
|
SMK
|
3-72
|
36
|
5
|
SDLB
|
6
|
5
|
6
|
SMPLB
|
3
|
8
|
7
|
SMALB
|
3
|
8
|
3)
Buku Teks Pelajaran
Buku
teks pelajaran digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas
pembelajaran yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.
4)
Pengelolaan Kelas dan Laboratorium
a)
Guru
wajib menjadi teladan yang baik bagi peserta didik dalam menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta mewujudkan kerukunan dalam
kehidupan bersama.
b)
Guru
wajib menjadi teladan bagi peserta didik dalam menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
c)
Guru
menyesuaikan pengaturan tempat duduk peserta didik dan sumber daya lain sesuai
dengan tujuan dan karakteristik proses pembelajaran.
d)
Volume
dan intonasi suara guru dalam proses pembelajaran harus dapat didengar dengan
baik oleh peserta didik.
e)
Guru
wajib menggunakan kata-kata santun, lugas dan mudah dimengerti oleh peserta
didik.
f)
Guru
menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar peserta
didik.
g)
Guru
menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, dan keselamatan dalam
menyelenggarakan proses pembelajaran.
h)
Guru
memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar peserta
didik selama proses pembelajaran berlangsung.
i)
Guru
mendorong dan menghargai peserta didik untuk bertanya dan mengemukakan
pendapat.
j)
Guru
berpakaian sopan, bersih, dan rapi.
k)
Pada
tiap awal semester, guru menjelaskan kepada peserta didik silabus mata
pelajaran; dan
l)
Guru
memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang
dijadwalkan.
b.
Pelaksanaan Pembelajaran
Pelaksanaan
pembelajaran merupakan implementasi dari RPP, meliputi kegiatan pendahuluan,
inti dan penutup.
1)
Kegiatan Pendahuluan
Dalam
kegiatan pendahuluan, guru wajib:
a)
menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b)
memberi
motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi
materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan
perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan
karakteristik dan jenjang peserta didik;
c)
mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari;
d)
menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
e)
menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
2) Kegiatan Inti
Kegiatan
inti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran,
dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata
pelajaran. Pemilihan pendekatan tematik dan /atau tematik terpadu dan/atau
saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/atau pembelajaran
yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning)
disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.
a) Sikap
Sesuai
dengan karakteristik sikap, maka salah satu alternatif yang dipilih adalah
proses afeksi mulai dari menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, hingga
mengamalkan. Seluruh aktivitas pembelajaran berorientasi pada tahapan
kompetensi yang mendorong peserta didik untuk melakuan aktivitas tersebut.
b) Pengetahuan
Pengetahuan
dimiliki melalui aktivitas mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis,
mengevaluasi, hingga mencipta. Karakteritik aktivititas belajar dalam domain
pengetahuan ini memiliki perbedaan dan kesamaan dengan aktivitas belajar dalam
domain keterampilan. Untuk memperkuat pendekatan saintifik, tematik terpadu,
dan tematik sangat disarankan untuk menerapkan belajar berbasis
penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning). Untuk mendorong peserta
didik menghasilkan karya kreatif dan kontekstual, baik individual maupun
kelompok, disarankan yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah
(project based learning).
c) Keterampilan
Keterampilan
diperoleh melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan
mencipta. Seluruh isi materi (topik dan sub topik) mata pelajaran yang
diturunkan dari keterampilan harus mendorong peserta didik untuk melakukan
proses pengamatan hingga penciptaan. Untuk mewujudkan keterampilan tersebut
perlu melakukan pembelajaran yang menerapkan modus belajar berbasis
penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning) dan pembelajaran yang
menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning).
3)
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun
kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
a)
seluruh
rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk
selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung
dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b)
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c)
melakukan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual
maupun kelompok; dan
d)
menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.