Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru yang
dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, secara bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan
profesionalitas guru. PKB dilaksanakan agar guru dapat memelihara,
meningkatkan, dan memperluas pengetahuan dan keterampilannya untuk melaksanakan
proses pembelajaran secara profesional. Pembelajaran yang berkualitas
diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta.
Secara
umum PKB bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah
dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Sedangkan secara khusus PKB bertujuan
1) Meningkatkan kompetensi guru untuk mencapai standar kompetensi yang
ditetapkan dalam peraturan perundangan yang berlaku; 2) Memutakhirkan
kompetensi guru untuk memenuhi kebutuhan guru dalam perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni untuk memfasilitasi proses pembelajaran peserta
didik; 3) Meningkatkan komitmen guru dalam melaksanakan tugas pokok dan
fungsinya sebagai tenaga professional; 4) Menumbuhkan rasa cinta dan bangga
sebagai penyandang profesi guru; 5) Meningkatkan citra, harkat, dan martabat
profesi guru di masyarakat; 6) Menunjang pengembangan karir guru.
Guru
merupakan pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting
dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Profesi guru perlu dikembangkan secara
terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru. Agar fungsi dan
tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan
aturan yang berlaku, maka diperlukan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) yang
menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang
pendidikan. Hasil PK Guru dapat dimanfaatkan untuk menyusun profil kinerja guru
sebagai input dalam penyusunan PKB. Hasil PK Guru juga merupakan dasar
penetapan perolehan angka kredit guru dalam rangka pengembangan karir guru.
Sebagai
sarana terciptanya organisasi pembelajar, PKB mendorong guru secara individu
maupun secara bersama-sama dengan masyarakat seprofesinya untuk menjadi bagian
dari organisasi pembelajar melalui keterlibatannya secara sadar dan sukarela
serta terus menerus dalam berbagai kegiatan belajar guna mengembangkan
profesionalismenya. Program PKB ini diarahkan untuk dapat memperkecil jarak
antara pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka
miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan
profesinya itu. Kegiatan PKB ini dikembangkan atas dasar profil kinerja guru
sebagai perwujudan hasil Penilaian Kinerja Guru yang didukung dengan hasil
evaluasi diri. Jika PK Guru dapat dilaksanakan dengan baik dan obyektif, dilanjutkan
dengan program PKB yang tepat, maka cita-cita pemerintah untuk menghasilkan
”insan yang cerdas komprehensif dan berdaya saing tinggi” lebih cepat
direalisasikan.
Kepala
sekolah sebagaimana diatur dalam permendibud nomor 6 tahun 2018 tentang tugas
dan fungsi kepala sekolah dalam aspek manajerial dipandang perlu mampu
merencanakan PKB bagi guru-gurunya.
Bahan
pembelajaran ini disusun dengan mengintegrasikan nilai-nilai PPK yaitu gotong
royong dan integritas dalam merencanakan kebutuhan PKB bagi guru di sekolah.
Target
Kompetensi
Setelah
mempelajari modul Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini Saudara
diharapkan mampu merancang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi
Guru sesuai dengan pengembangan karier guru.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Setelah
mempelajari modul rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)
diharapkan Saudara dapat:
1.
Menjelaskan Konsep PKB
2.
Menganalisis PK Guru
3.
Menyusun rencana Kebutuhan PKB
Ruang
lingkup materi rencana PKB meliputi:
a.
Konsep PKB dan analisis hasil PK Guru
b.
Rencana kebutuhan PKB.
Daftar
isi Modul / Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Rencana Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (MPPKS - PKB) terdiri dari:
DAFTAR
ISI
SAMBUTAN
DAFTAR
ISI
DAFTAR
TABEL
DAFTAR
GAMBAR
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Target Kompetensi
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
D.
Ruang Lingkup dan Pengorganisasian Pembelajaran
Gambar
1. Langkah-langkah Pembelajaran
E.
Cara Penggunaan Modul
KEGIATAN
PEMBELAJARAN 1 Konsep PKB Dan Analisis Penilaian Kinerja
A.
Tujuan Pembelajaran
B.
Indikator Pencapaian Tujuan
C.
Materi Pembelajaran dan Sumber Belajar
D.
Aktivitas Pembelajaran
E.
Penguatan
F.
Rangkuman
G.
Refleksi dan Tindak Lanjut
H.
Evaluasi
KEGIATAN
PEMBELAJARAN 2 Rencana Kebutuhan PKB
A.
Tujuan Pembelajaran
B.
Indikator Pencapaian Tujuan
C.
Materi Pembelajaran dan Sumber Belajar
D.
Aktivitas Pembelajaran
E.
Penguatan
F.
Rangkuman
G.
Refleksi Dan Tindak Lanjut
H.
Evaluasi
PENUTUP
DAFTAR
PUSTAKA
DAFTAR
TABEL
Tabel
1. Penilian
Tabel
2. STUDI KASUS
Tabel
3. Format 1: Hasil Evaluasi Diri terhadap Kompetensi Guru
Tabel
4. Format 1: Evaluasi Diri Guru
Tabel
5. Format 2: Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Individu Guru
Tabel
6. Rencana Final Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Tabel
7. Format 4: Format Refleksi Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan
(diisi oleh bersama-sama antara Guru dan Koordinator Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan)
Tabel
8. Format 5: Deskripsi Diri Sehubungan Dengan Kegiatan PKB (Pengembangan Diri)
Tabel
9. Hasil Penilaian
Tabel
10. Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Individu Guru
Tabel
11. Rencana Final Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
DAFTAR
GAMBAR
Gambar
1. Langkah-langkah Pembelajaran
Gambar
2. Diagram kegiatan PKB
Gambar
3. Komponen PKB
Gambar
4. Diagram Sumber-Sumber PKB
Download/unduh
Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Rencana Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (MPPKS - PKB) selengkapnya di bawah ini: