Modul
ini memberikan pemahaman kepada peserta diklat mengenai kepemimpinan perubahan,
manfaat kepala sekolah mempelajari kepemimpinan perubahan dan langkah melakukan
kepemimpinan perubahan agar pembelajaran di sekolah menjadi lebih baik.
Kepemimpinan
perubahan adalah sebuah upaya untuk menciptakan revolusi dalam perubahan
organisasi, sehingga membawa perubahan yang menjadikan semua komponen dalam organisasi
itu menyatu dan saling berempati untuk membawa perubahan agar lebih bermanfaat
dan memiliki nilai positif terhadap organisasi.
Kepala
sekolah memiliki peran strategis untuk membuat perubahan di sekolah. Kepala
sekolah sebagai pemimpin dituntut memiliki alternatif solusi yang tepat untuk
memperbaiki kondisi sekolah yang ada. Namun demikian, untuk melakukan perubahan
memerlukan pertimbangan dan cara yang tepat. Jika seorang kepala sekolah melakukan
perubahan di sekolah dengan cara yang tidak tepat, bisa menjadi sebuah masalah
besar baik bagi kepala sekolah sendiri, guru, staf, dinas pendidikan dan
masyarakat luas. Oleh karena itu, kepala sekolah perlu memadukan konsep,
prinsip dan prosedur untuk melaksanakan perubahan di sekolah, sehingga perubahan
itu bisa berjalan dengan baik dan alamiah. Perubahan di sekolah diarahkan pada
3 sasaran, yakni penguatan supervisi akademik di sekolah, pengembangan
kapasitas tenaga kependidikan di sekolah dan pengembangan kurikulum di sekolah.
Oleh
karena itu materi kepemimpinan perubahan ini dipadukan dengan kepemimpinan
pembelajaran. Kepemimpinan perubahan yang terintegrasi dengan kepemimpinan
pembelajaran adalah upaya untuk menciptakan kondisi baru yang lebih baik. Jika
kepemimpinan perubahan dapat diwujudkan di sekolah, maka budaya lama akan
tergantikan dengan budaya baru. Pola pikir lama akan digantikan oleh pola pikir
baru. Perilaku lama akan diubah menjadi perilaku baru. Kebiasaan lama akan
digantikan oleh kebiasaan baru. Sekolah menjadi berwajah baru. Sekolah yang
melahirkan generasi baru lebih baik dan semakin baik dari waktu ke waktu.
Target
Kompetensi
Setelah
mempelajari modul kepemimpinan perubahan ini, Saudara mampu:
1)
Memimpin
sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumberdaya sekolah/ madrasah secara
optimal
2)
Mengelola
perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajar yang efektif.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1)
Permasalahan
sekolah yang memerlukan intervensi kepemimpinan perubahan dianalisis dengan
komprehensif.
2)
Kepemimpinan
perubahan dalam menyelesaikan permasalahan di sekolah dirancang dengan tepat.
3)
Tindakan
kepemimpinan pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah disusun dalam
rangka menuju organisasi pembelajar yang efektif secara menyeluruh.
4)
Tindakan
kepemimpinan perubahan untuk mendukung peningkatan kualitas sekolah disusun
berdasarkan sumber daya sekolah secara optimal.
Daftar
isi Modul / Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Kepemimpinan Perubahan
(MPPKS - PIM) terdiri dari:
DAFTAR
ISI
SAMBUTAN
DAFTAR
ISI
DAFTAR
TABEL
DAFTAR
GAMBAR
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Target Kompetensi
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
D.
Ruang Lingkup dan Pengorganisasian Pembelajaran
E.
Cara Penggunaan Modul
KEGIATAN
PEMBELAJARAN 1: KEPALA SEKOLAH SEBAGAI AGEN PERUBAHAN
A.
Tujuan Pembelajaran
B.
Indikator Pencapaian Tujuan
C.
Materi
D.
Aktivitas Pembelajaran
F.
Rangkuman
G.
Refleksi dan Tindak Lanjut
H.
Evaluasi
KEGIATAN
PEMBELAJARAN 2: KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN
A.
Tujuan Pembelajaran
B.
Indikator Pencapaian tujuan
C.
Materi
D.
Aktivitas Pembelajaran
E.
Penguatan
F.
Rangkuman
G.
Refleksi dan Tindak Lanjut
H.
Evaluasi
KEGIATAN
PEMBELAJARAN 3: MENCIPTAKAN KEPEMIMPINAN PERUBAHAN
A.
Tujuan Pembelajaran
B.
Indikator Pencapaian Tujuan
C.
Materi
D.
Aktivitas Pembelajaran
E.
Penguatan
F.
Rangkuman
G.
Refleksi dan Tindak Lanjut
H.
Evaluasi
PENUTUP
DAFTAR
PUSTAKA
BAHAN
BACAAN
DAFTAR
TABEL
Tabel
1. Perbedaan Tugas dan Fungsi Manajer sebagai Pemimpin
a.
Data Guru Tahun 2016 (Tabel 2)
b.
Data Jumlah Peserta Didik per Tahun (Tabel 3)
c.
Data Rombel Peserta Didik Tahun 2015/2016 (Tabel 4)
d.
Data Alat Permainan Edukatif Indoor (Tabel 5)
e.
Data Alat Permainan Edukatif Outdoor (Tabel 6)
DAFTAR
GAMBAR
Gambar
1. Pengorganisasian Pembelajaran
Gambar
2. Karakteristik Kepemimpinan Perubahan
Gambar
3.Tahapan Proses Kepemimpian Perubahan dalam Pengembangan Sekolah
Gambar
4. Kurva S
Gambar
5. Kurva Lintasan Perubahan
Download/unduh
Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Kepemimpinan Perubahan (MPPKS - PIM) tahun
2019 selengkapnya di bawah ini: