Contoh
soal UKG Pedagogik untuk jenjang SD/SMP/SMA/SMK berikut kunci jawaban lengkap ini bisa Bapak/Ibu Guru gunakan untuk bahan
belajar dan menambah wawasan tentang materi pedagogik sebagai persiapan ujian
kompetensi guru (UKG) di tahun 2015 yang akan diselenggarakan pada bulan November 2015
nanti.
Berikut
Contoh Soal UKG Pedagogik Untuk SD/SMP/SMA/SMK beserta jawabanya selengkapnya :
1.
Salah
satu upaya guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang
telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain....
a.
guru
meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
b. guru mengevaluasi kembali rancangan, mengatasi kelemahan
yang ada
c.
guru
merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
d.
guru
melakukan introspeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
2.
Upaya
membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat
dalam upaya guru....
a. memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b. melatih siswa membuat keputusan yang diambil
berdasarkan informasi yang tepat
c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan
lingkungan sekitar
d. mendiskusikan
bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.
3.
Upaya
guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain
sebagai berikut....
a.
menentukan
kriteria keberhasilan belajar
b.
mengklasifikasi
siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c.
mencari
letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yan diharapkan
d. merencanakan pengajaran remedi.
4.
Langkah
guru dalam mengolah hasil penilaian tes belajar untuk soal pilihan ganda antara
lain...
a.
membuat
tabel berisi nama-nama siswa, nomor soal pilihan ganda
b.
menklasifikasi
jawaban semua siswa terhadap setiap soal
c.
mencari
berapa rata-rata nilai kelas
d. memberikan pembobotan nilai untuktiap soal.
5.
Kemampuan
proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terikat
dengan objek-objek bersifat kongkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak
berusia....
a.
1
- 2 tahun
b.
2
- 7 tahun
c. 7 - 11/12 tahun
d.
11/12
- 14/15 tahun
6.
Kegemaran
anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan riwayat
para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia....
a.
3—5
tahun
b.
6
-- 8 tahun
c. 10 – 12 tahun.
d.
15
– 18 tahun
7.
Menggunakan
potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran
IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir
anak yang dikenal sebagai tahapan....
a. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya
(sensomotor).
b.
Dominasi
pengamatan bersifat egosentris
c.
Anak
memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit
(operasional konkrit)
d.
Kemampuan
mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat
konrit (operasional formal)
8.
Individu
memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa
serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi
disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan
perkembangan moral....
a.
Prekonvensional
b. Konvensional.
c.
Postkonvensional
d.
Interkonvensional
9.
Pandangan
dan pahamke-Tuhan-an diterangkan secara nasional berdasarkan kaidah-kaidah
logika yang bersumber pada tanda alam semesta sebagai pengejawantahan
(manifestasi) dari keberadaan dan keagungan-Nya.Pernyataan ini merupakan
tahapan perkembangan moral keagamaan pada masa....