Contoh
soal UKG Pedagogik untuk jenjang SD/SMP/SMA/SMK berikut kunci jawaban lengkap ini bisa Bapak/Ibu Guru gunakan untuk bahan
belajar dan menambah wawasan tentang materi pedagogik sebagai persiapan ujian
kompetensi guru (UKG) di tahun 2015 yang akan diselenggarakan pada bulan November 2015
nanti.
Berikut
Contoh Soal UKG Pedagogik Untuk SD/SMP/SMA/SMK beserta jawabanya selengkapnya :
1.
Salah
satu upaya guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang
telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain....
a.
guru
meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
b. guru mengevaluasi kembali rancangan, mengatasi kelemahan
yang ada
c.
guru
merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
d.
guru
melakukan introspeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
2.
Upaya
membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat
dalam upaya guru....
a. memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b. melatih siswa membuat keputusan yang diambil
berdasarkan informasi yang tepat
c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan
lingkungan sekitar
d. mendiskusikan
bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.
3.
Upaya
guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain
sebagai berikut....
a.
menentukan
kriteria keberhasilan belajar
b.
mengklasifikasi
siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c.
mencari
letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yan diharapkan
d. merencanakan pengajaran remedi.
4.
Langkah
guru dalam mengolah hasil penilaian tes belajar untuk soal pilihan ganda antara
lain...
a.
membuat
tabel berisi nama-nama siswa, nomor soal pilihan ganda
b.
menklasifikasi
jawaban semua siswa terhadap setiap soal
c.
mencari
berapa rata-rata nilai kelas
d. memberikan pembobotan nilai untuktiap soal.
5.
Kemampuan
proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terikat
dengan objek-objek bersifat kongkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak
berusia....
a.
1
- 2 tahun
b.
2
- 7 tahun
c. 7 - 11/12 tahun
d.
11/12
- 14/15 tahun
6.
Kegemaran
anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan riwayat
para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia....
a.
3—5
tahun
b.
6
-- 8 tahun
c. 10 – 12 tahun.
d.
15
– 18 tahun
7.
Menggunakan
potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran
IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir
anak yang dikenal sebagai tahapan....
a. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya
(sensomotor).
b.
Dominasi
pengamatan bersifat egosentris
c.
Anak
memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit
(operasional konkrit)
d.
Kemampuan
mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat
konrit (operasional formal)
8.
Individu
memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa
serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi
disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan
perkembangan moral....
a.
Prekonvensional
b. Konvensional.
c.
Postkonvensional
d.
Interkonvensional
9.
Pandangan
dan pahamke-Tuhan-an diterangkan secara nasional berdasarkan kaidah-kaidah
logika yang bersumber pada tanda alam semesta sebagai pengejawantahan
(manifestasi) dari keberadaan dan keagungan-Nya.Pernyataan ini merupakan
tahapan perkembangan moral keagamaan pada masa....
a. Kanak-kanak.
b.
Anak
sekolah
c.
Remaja
d.
Masa
remaja akhir
10.
Masa
anak berusia 13-16 tahun (remaja awal) mencapai tahap perkembangan sosial
dengan hubungan aku engkau atau hubungan subyektif-obyektif perkembangan dalam
tahapan ini berlangsung secara....
a.
Subyektif
b.
Subyektif
menuju obyektif
c. Pra-puber.
d.
Obyektif
11.
Beberapa
siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan
cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut
adalah....
a.
Impulsive
b.
Reflektif
c.
Gaya
berfikir terikat
d. Gaya berfikir bebas.
12.
Salah
satu cirri belajar rekonstruksionisme dalam proses pembelajaran adalah....
a.
Pembelajaran
sangat mengutamakan kondisi lingkungan
b.
Guru
memanfaatkan secara optimal pemberian penguatan
c. Pengetahuan dibanggun sedikit demi sedikit hasilnya
diperluas melalui konteks yang terbatas.
d.
Kegiatan
pembelajarn dipilih atas dasar minat siswa
13.
Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut:
1.
Pembelajaran
mengutamakan bagian-bagian kecil
2.
Pembelajaran
mementingkan pembentukan stimulus dan respon
3.
Pengetahuan
itu ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar mandiri
4.
Siswa
menentukan sendiri apa yang akan dipelajari
Dari pernyataan di
atas yang merupakan karakteristik teori belajar tingkah laku behavioristik
adalah....
a. 1 dan 2.
b.
2
dan 3
c.
1
dan 3
d.
3
dan 4
14.
Deni
adalah seorang siswa berprestasi sehingga mendapat penghargaan/hadiah.
Dampaknya Deni lebih rajin dan lebih bersemangat belajar. Gurunya mengutamakan
CBSA, materi pelajaran disajikan dalam bentuk unit-unit kecil agar siswa hanya
perlu memberikan suatu respon tertentu saja, respon yang ada diberi umpan balik
agar siswa segera tahu hasilnya.PBM yang dilakukan guru tersebut dilandasi oleh
teori belajar....
a.
Behavioristik
b.
Konstruktivistik
c. Humanisme.
d.
Gestalt
15.
Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut :
1.
Siswa
dikondisikan harus menerima informasi kompleks dan menerpkanya ke situasi lain
2.
Pembelajaran
dikemas bukan menerima pengetahuan
3.
Guru
memfailitasi menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siwa
4.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa menerapkan strategi belajar yang disarankan
Pernyataan diatas yang merupakan karkteristik
teori belajar konstruktivistik adalah....
a.
1,
2, dan 3
b.
1,
2, dan 4
c. 2, 3, dan 4.
d.
2
dan 3
Demikian
contoh-contoh soal UKG pedagogik untuk jenjang SD/SMP/SMA/SMK yang admin share
dari situs http://mr.mung.web.id. Semoga
bermanfaat bagi kita semua.