Keberhasilan
program pendidikan melalui proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh
banyak faktor, salah satu di antaranya adalah proses pemantauan dan pengawasan
terhadap kependidikan yang dilakukan secara efektif dan optimal.
Modul
ini disusun untuk memberikan pemahaman tentang kegiatan supervisi tenaga
kependidikan dan penilaian kinerja tenaga kependidikan. Kegiatan tersebut
sesuai dengan amanat Permendikbud nomor 6 tahun 2018 tentang penugasan guru menjadi
kepala sekolah. Lebih lanjut tugas kepala sekolah tersebut disesuaikan dengan
permendikbud nomor 15 tahun 2018 tentang pemenuhan beban kerja guru, kepala
sekolah dan pengawas sekolah.
Modul
supervisi tenaga kependidikan dan penilaian kinerja tendik ini dapat
dipergunakan oleh semua jenjang satuan pendidikan tanpa membedakan gender,
suku, ras, agama, bangsa, warna kulit (sosial inklusi). Modul ini disusun
dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter khususnya kemandirian dan
nasionalisme.
Modul
ini membahas tentang supervisi tenaga kependidikan dan penilaian kinerja tenaga
kependidikan. Pada proses pembelajaran peserta diharapkan dapat menumbuhkan
nilai-nilai karakter yaitu nasionalisme (sub nilai taat azaz/ peraturan) dan
kemandirian (sub nilai kreatif dan teguh prinsip).
Target
Kompetensi
Setelah
mempelajari modul supervisi dan penilaian kinerja tenaga kependidikan ini, saudara
diharapkan mampu mensupervisi dan menilai kinerja tenaga kependidikan sesuai
dengan standar kompetensi yang tertuang dalam Permendiknas No. 13 Tahun 2007.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Menjelaskan konsep dan prinsip supervisi tendik
2.
Melaksanakan supervisi tenaga kependidikan
3.
Menjelaskan konsep dan prinsip penilaian kinerja Tendik
4.
Melaksanakan penilaian kinerja tendik
Ruang
Lingkup dan Pengorganisasian Pembelajaran
1.
Supervisi tenaga kependidikan
a.
Konsep Supervisi Tenaga Kependidikan
b.
Prinsip Supervisi Tenaga Kependidikan
c.
Ruang Lingkup Supervisi Tenaga Kependidikan
d.
Pengembangan Intrumen
e.
Langkah-Langkah Kegiatan Supervisi Tenaga Kependidikan
2.
Penilaian Kinerja tenaga kependidikan
a.
Konsep Penilaian Kinerja (PK) Tenaga Kependidikan
b.
Prinsip-Prinsip Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan
c.
Petugas Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan
d.
Aspek yang dinilai dalam Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan
e.
Prosedur Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan
Daftar
isi Modul / Materi Penguatan Pelatihan Kepala Sekolah Supervisi dan Penilaian
Kinerja Tendik (MPPKS - PKT) terdiri dari:
DAFTAR
ISI
SAMBUTAN
DAFTAR
ISI
DAFTAR
TABEL
DAFTAR
GAMBAR
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Target Kompetensi
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
D.
Ruang Lingkup dan Pengorganisasian Pembelajaran
E.
Cara Penggunaan Modul
KEGIATAN
PEMBELAJARAN 1: MELAKUKAN SUPERVISI TENAGA KEPENDIDIKAN
A.
Tujuan Pembelajaran
B.
Indikator Pencapaian Tujuan
C.
Materi Pembelajaran dan Sumber Belajar
D.
Aktivitas Pembelajaran
E.
Penguatan
F.
Rangkuman
G.
Refleksi dan Tindak Lanjut
H.
Evaluasi
KEGIATAN
PEMBELAJARAN 2: MENILAI KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN
A.
Tujuan Pembelajaran
B.
Indikator Pencapaian Tujuan
C.
Materi Pembelajaran dan Sumber Belajar
D.
Aktivitas Pembelajaran
E.
Penguatan
F.
Rangkuman
G.
Refleksi dan Tindak Lanjut
H.
Evaluasi
PENUTUP
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR
TABEL
Tabel
1. LK-01a
Tabel
2. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
Tabel
3. Penilaian Kinerja Kepala Perpustakaan
Tabel
4. Penilaian Kinerja Tenaga Perpustakaan
Tabel
5. Penilaian Kinerja Kepala Laboratorium
Tabel
6. Penilaian Kinerja Teknisi Laboratorium
Tabel
7 Penilaian Kinerja Laboran
Tabel
8. Penilaian Kinerja Kepala Bengkel
DAFTAR
GAMBAR
Gambar
1. Langkah-Langkah Pembelajaran
Gambar
2. Alur Prosedur Penilaian Kinerja Tendik
Download/unduh
Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Supervisi dan Penilaian Kinerja Tendik
(MPPKS - PKT) tahun 2019 selengkapnya di bawah ini: