1. Teknik penilaian
Teknik
penilaian dipilih sesuai dengan tuntutan kompetensi dasar. Penilaian sikap
dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, penilaian diri, dan penilaian
antar teman.
Teknik observasi merupakan teknik utama, penilaian diri dan
penilaian antar teman diperlukan sebagai teknik penunjang untuk konfirmasi
hasil penilaian observasi oleh guru. Penilaian pengetahuan menggunakan teknik
penilaian tes tertulis, penugasan dan portofolio (sebagai bahan guru
mendeskripsikan capaian pengetahuan di akhir semester). Penilaian keterampilan
menggunakan teknik penilaian kinerja, projek, dan portofolio.
2. Instrumen
penilaian
Instrumen
penilaian adalah alat yang dipakai untuk melakukan penilaian peserta didik.
Instrumen penilaian dirancang untuk aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan
pada setiap pertemuan, sehingga akan tertulis instrumen untuk pertemuan
pertama, pertemuan kedua, pertemuan ketiga, dan seterusnya.
Instrumen penilaian
sikap yang utama adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat perilaku yang
sangat baik dan/atau kurang baik yang berkaitan dengan indikator dari sikap
spiritual dan sikap sosial. Instrumen penilaian untuk pengetahuan dan
keterampilan disesuaikan dengan teknik penilaian yang dipilih. Rancangan
instrumen penilaian dapat disajikan dalam lampiran-lampiran yang menjadi bagian
tidak terpisahkan dari RPP.