Penilaian
Hasil Belajar oleh Pendidik menggunakan berbagai instrumen penilaian berupa
tes, pengamatan, penugasan perseorangan atau kelompok, dan bentuk lain yang
sesuai dengan karakteristik kompetensi dan tingkat perkembangan peserta didik.
Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dilakukan untuk memantau proses, kemajuan
belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan pengukuran
pencapaian satu atau lebih Kompetensi Dasar. Hasil penilaian pencapaian
pengetahuan dan keterampilan oleh pendidik disampaikan dalam bentuk angka
dan/atau deskripsi. Peserta didik yang belum mencapai KKM harus mengikuti
pembelajaran remedi.
Penilaian
sikap dilakukan dengan teknik observasi atau teknik lainnya yang relevan,
Teknik penilaian observasi dapat menggunakan instrumen berupa lembar observasi,
atau buku jurnal (yang selanjutnya disebut jurnal). Teknik penilaian lain yang
dapat digunakan adalah penilaian diri dan penilaian antar teman. Penilaian diri
dan penilaian antar teman dapat dilakukan dalam rangka pembinaan dan
pembentukan karakter peserta didik, yang hasilnya dapat dijadikan sebagai salah
satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik. Hasil penilaian
pencapaian sikap oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat atau
deskripsi.
Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan berbagai teknik. Pendidik dapat memilih teknik
penilaian yang paling sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar, indikator,
atau tujuan pembelajaran yang akan dinilai. Segala sesuatu yang akan dilakukan
dalam proses penilaian perlu ditetapkan terlebih dahulu pada saat menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Teknik yang biasa digunakan adalah tes
tertulis, tes lisan, dan penugasan. Hasil penilaian pencapaian pengetahuan oleh
pendidik disampaikan dalam bentuk angka dan/ atau deskripsi.
Penilaian
keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk menilai kemampuan peserta
didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu di berbagai macam
konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Penilaian keterampilan
dapat dilakukan dengan berbagai teknik, antara lain penilaian praktik,
penilaian produk, penilaian proyek, dan penilaian portofolio. Teknik penilaian
keterampilan yang digunakan dipilih sesuai dengan karakteristik KD pada KI-4.
Hasil penilaian pencapaian keterampilan oleh pendidik disampaikan dalam bentuk
angka dan/atau deskripsi.