Pada
bagian ini direncanakan pelaksanaan pembelajaran remedial dan pengayaan.
Pembelajaran remedial pada dasarnya mengubah strategi atau metode pembelajaran
untuk KD yang sama.
Bentuknya dapat berupa pembelajaran ulang, bimbingan
perorangan, pemanfaatan tutor sebaya, dan lain-lain. Pembelajaran pengayaan
berupa perluasan dan/atau pendalaman materi dan/atau kompetensi. Strategi
pembelajaran pengayaan dapat dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan
tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai
nara sumber.
Peserta didik yang belum berhasil mencapai ketuntasan belajar,
diberi kesempatan mengikuti pembelajaran remedial yang dilakukan setelah suatu
kegiatan penilaian (bukan di akhir semester) baik secara individual, kelompok,
maupun kelas.
Bagi peserta didik yang berhasil mencapai atau melampaui
ketuntasan belajar dapat diberi program pengayaan sesuai dengan waktu yang
tersedia baik secara individual maupun kelompok.