Media
merupakan kata jamak dari medium yang berasal dari bahasa latin yang berarti
“antara” yaitu segala sesuatu yang membawa informasi antara sumber informasi
dan penerima (Smaldino, et al., 2005: 9).
Pernyataan tersebut dapat diartikan
bahwa segala sesuatu yang dapat menjembatani informasi antara sumber informasi
dan penerima dapat dikatakan sebagai media. Pendapat lain mengatakan bahwa
media diartikan sebagai alat fisik dari komunikasi antara lain buku, modul
cetak, teks terprogram, komputer, slide/pita presentasi, film, pita video, dan
sebagainya (Gagne & Briggs, 1979: 175). Dengan kata lain, media merupakan
benda fisik yang dapat menjadi penghubung komunikasi dari sumber informasi
kepada orang lain yang melihat, membaca, atau menggunakannya. Benda tersebut
dapat berbentuk cetak maupun noncetak.
Newby,
et al. (2006: 308) menyatakan bahwa pembelajaran merupakan pemilihan dan
pengaturan informasi, kegiatan, metode, dan media untuk membantu siswa mencapai
tujuan belajar yang telah direncanakan. Dalam pembelajaran terjadi pengaturan
siswa untuk dapat belajar melalui kegiatan yang akan dilaksanakan, pemilihan
metode dan media yang akan digunakan, serta adanya target pengetahuan atau
kemampuan yang akan diperoleh setelah mengikuti serangkaian kegiatan. Semua hal
tersebut dilakukan atau digunakan agar dapat membantu siswa untuk mencapai
target berupa tujuan belajar yang telah direncanakan sebelum pembelajaran
dilaksanakan.
Media
yang digunakan untuk menyampaikan pesan guna mencapai suatu tujuan pembelajaran
didefinisikan sebagai media pembelajaran (Smaldino, et al., 2005: 9). Dengan
demikian, media pembelajaran adalah segala alat yang dapat membantu tercapainya
tujuan pembelajaran. Senada dengan definisi tersebut, Newby, et al. (2006: 308)
mendefinisikan media pembelajaran sebagai saluran dari komunikasi yang membawa
pesan dengan tujuan yang berkaitan den gan pembelajaran yang dapat berupa cara
atau alat lain yang dengannya informasi dapat disampaikan atau dialami siswa.
Pernyataan tersebut dapat diartikan bahwa media pembelajaran juga dapat berupa
cara atau alat untuk berkomunikasi dengan siswa. Segala sesuatu yang digunakan
sebagai penyampai pesan pembelajaran diidentifikasi sebagai media pembelajaran.
Dengan kata lain, media pembelajaran membantu siswa dalam mendapat atau
membangun informasi atau pengetahuan.
Dari
beberapa pendapat tersebut, media dapat diartikan sebagai alat fisik komunikasi
yang berfungsi menyampaikan informasi (pengetahuan) dari sumber ke penerima
informasi. Adapun media pembelajaran merupakan alat atau perantara untuk
memfasilitasi komunikasi dari sumber belajar ke siswa dan mendukung proses
belajar guna mencapai tujuan belajar.