Menurut
bentuknya, media yang digunakan dalam belajar dan pembelajaran secara umum
dibedakan menjadi media cetak dengan noncetak serta media audio dengan
nonaudio.
Secara lebih spesifik, media dapat berupa antara lain teks, audio,
visual, media bergerak, obyek/media yang dapat dimanipulasi (media
manipulatif), dan manusia.
a.
Media
teks merupakan jenis media yang paling umum digunakan. Media ini berupa
karakter huruf dan bilangan yang disajikan dalam buku, poster, tulisan di papan
tulis, dan sejenisnya (Smaldino, et al., 2005: 9; Newby, et al., 2006: 21).
b.
Media
audio meliputi segala sesuatu yang dapat didengar misalnya suara seseorang, musik,
suara mesin, dan suara-suara lainnya.
c.
Media
visual meliputi berbagai bagan, gambar, foto, grafik baik yang disajikan dalam
poster, papan tulis, buku, dan sebagainya.
d.
Media
bergerak merupakan media yang berupa gambar bergerak misalnya video/film dan animasi.
e.
Adapun
media manipulatif adalah benda tiga dimensi yang dapat disentuh dan digunakan
dengan tangan oleh siswa.
f.
Manusia
juga dapat berperan sebagai media pembelajaran. Siswa dapat belajar dari guru,
siswa yang lain, atau orang lain.
Adapun
menurut fungsinya, Suherman, et al. (2001: 200) mengelompokkan media menjadi
dua bagian yaitu: pembawa informasi (ilmu pengetahuan) dan alat untuk
menanamkan konsep.
Contoh
media sebagai pembawa informasi yaitu papan tulis, kapur, spidol, jangka,
mistar, komputer/laptop, dan LCD Proyektor. Terkadang media ini digolongkan
sebagai sarana atau alat bantu. Adapun contoh media yang sekaligus alat
penanaman konsep misalnya alat peraga matematika, lembar kerja, bahkan kapur
pun selain merupakan pembawa informasi dapat pula menjadi alat penanaman konsep
operasi bilangan bulat atau model bangun ruang tabung.