Standar
kompetensi lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang
mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi inti merupakan
tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki
seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas.
Kompetensi inti mencakup:
sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi ini
merupakan landasan pengembangan kompetensi dasar. Dalam setiap rumusan
kompetensi dasar terdapat unsur kemampuan berpikir atau bertindak dan materi.
Kompetensi dasar diuraikan ke dalam beberapa indikator pencapaian kompetensi
(IPK).
Selanjutnya berdasarkan IPK ditentukan butir-butir materi, kegiatan
pembelajaran, dan teknik penilaian yang sesuai. Diagram berikut menunjukkan
keterkaitan antara SKL, KI, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan
teknik penilaian.
Di
atas disebutkan bahwa KD dijabarkan ke dalam beberapa IPK. Jumlah IPK KD satu
dan lainnya berbeda-beda tergantung pada tuntutan (isi) KD. Indikator
pencapaian kompetensi
dirumuskan
dengan memperhatikan beberapa ketentuan berikut ini.
a.
Indikator
pencapaian kompetensi meliputi indikator pencapaian domain pengetahuan dan
keterampilan. Untuk Mata Pelajaran PPKn dan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
IPK juga mencakup domain sikap.
b.
Rumusan
IPK sekurang-kurangnya memuat kata kerja operasional (dapat diamati dan diukur)
dan materi pembelajaran. Tabel berikut memuat contoh-contoh kata kerja
operasional untuk kemampuan berfikir tingkat rendah hingga tinggi dari
Anderson, dkk. (2001).
Contoh Kemampuan
Berpikir dan Contoh Kata Kerja
Kemampuan Berpikir
|
Contoh Kata Kerja
|
Mengingat
|
mengenali,
menyebutkan, menunjukkan, memilih, mengidentifikasi, mengungkapkan kembali,
menuliskan kembali, menyebutkan kembali.
|
Memahami
|
menafsirkan,
memparafrasekan, mengungkapkan dengan kata-kata sendiri, mencontohkan,
memberi contoh, mengklassifikasikan, mengkelompok-kelompokkan,
mengidentifikasi berdasarkan kategori tertentu, merangkum, meringkas, membuat
ikhtisar, menyimpulkan, mengambil kesimpulan, membandingkan, membedakan,
menjelaskan, menguraikan, mendeskripsikan, menuliskan.
|
Menerapkan
pengetahuan (aplikasi)
|
menghitung,
melakukan gerakan, menggerakkan, memperagakan sesuai prosedur/teknik,
mengimplementasikan, menerapkan, menggunakan, memodifikasi, menstransfer.
|
Menganalisis
|
membedakan,
menganalisis perbedaan, mengorganisasikan, membuat diagram, menunjukkan
bukti, menghubungkan, menganalisis kesalahan, menganalisis kelebihan,
menunjukkan sudut pandang.
|
Mengevaluasi
|
memeriksa,
menunjukkan kelebihan, menunjukkan kekurangan, membandingkan, menilai,
mengkritik.
|
Mencipta
|
merumuskan,
merencanakan, merancang, mendisain, memproduksi, membuat, menulis ulasan.
|