Berikut
Rambu-rambu Dalam Penyusunan Laporan / Proposal PTK (Penelitian Tindakan
Kelas), selengkapnya sebagai berikut :
A. Judul : singkat,
spesifik, menunjukkan gambaran masalah,tindakan, hasil, dan lokasi, maksimal 15
kata.
1.
Latar
belakang; berisi tentang hal yang terjadi di sekolah, bersifat penting,
bersifat mendesak, dapat dilakukan, jelas masalahnya atau berupa kondisi ideal,
kondisi nyata, gap kondisi ideal dan kondisi nyata serta pemecahan masalah
2.
Rumusan
masalah; kalimat tanya yang berisi tentang : asumsi, lingkup penelitian,
alternatif tindakan, indikator keberhasilan, dan cara penyelesaian masalah.
3.
Pemecahan
masalah/identifikasi masalah; berisi tentang uraian alternatif tindakan
berdasarkan prioritas tindakan pemecahan masalah.
4.
Tujuan;
berisi tujuan umum, tujuan khusus atau cukup tujuan berisi tentang tujuan yang
dapat diukur ketercapaiannya.
5.
Manfaat;
berupa manfaat bagi siswa, guru, sekolah, atau komponen yang terkait. lebih
baik kemukakan hal yang berupa inovasi.
C. Bab II Kajian
Teori
Berisi
tentang teori yang mendasari penelitian, kajian teori mengungkap tentang : What
(apa) berupa definisi atau pengertian, Who ( siapa) berupa siapa penemu atau
pendapat siapa, Why (mengapa) mengapa teori itu ada, How ( bagaimana) teori itu
digunakan atau hasil penelitian terdahulu (yang telah dilakukan orang lain)
D. Bab III Metode
Penelitian
1.
Seting
penelitian; berisi tentang lokasi sekolah, kelas berapa, jumlah siswa, komposisi
siswa, situasi lingkungan siswa, berapa lama penelitian dilakukan (sebutkan
antara waktu)
2.
Indikator
keberhasilan; berisi berupa indikator keberhasilan yang menjadi acuan
keberhasilan dalam setiap tindakan, berupa gradasi seperti : 80-100 : sangat
berhasil, 60-79 : berhasil, 40-59 : cukup berhasil, 20-39 : kurang berhasil,
0-19 : tidak berhasil. Kalau kemampuan kognitif yang diukur angka Kriteria
Ketuntasan Minimal bisa dijadikan sebagai acuan,
3.
Gambaran
umum penelitian (siklus tindakan); berisi tindakan tindakan tiap siklusnya,
yang dalam setiap siklus berupa : kegiatan perencanaan, kegiatan pelaksanaan,
kegiatan pengamatan serta kegiatan refleksi, refleksi pada siklus pertama bisa
dijadikan acuan untuk perencanaan tindakan pada siklus kedua dan seterusnya.
4.
Instrumen
yang digunakan, pedoman observasi, alat perekam dll
E. Bab IV Hasil
Penelitian dan Pembahasan
Berisi
hasil pengamatan dari observer, analisis data dan refleksi dari kegiatan dalam
setiap siklus. Hasil refleksi merupakan rencana tindakan dalam tiap siklusnya.
Hasil pengamatan berupa tindakan guru dan kegiatan siswa.
F. Bab V Kesimpulan
dan Saran
Berisi
kesimpulan dari penelitian dan saran tindakan perbaikan atas hasil penelitian
(bisa berupa rekomendasi).