Mata
Pelajaran : ……………………………….
Satuan
Pendidikan : ……………………………….
Kelas/Semester
: ……………………………….
Waktu
: ……………………………….
Butir
Pembelajaran : ……………………………….
Dalam
Pengamatan Kegiatan Belajar Mengajar Dalam Membuat PTK / Penelitian Tindakan
Kelas terdiri dari beberapa bagian di antaranya :
PERSIAPAN
· Skenario pembelajaran/
perencanaan pembelajaran
· Penyiapan alat/media
pembelajaran
· Penampilan penyaji
PENYAJIAN
Pendahuluan
· Pemeriksaan kehadiran
siswa
· Pelaksanaan apersepsi
· Pengungkapan tujuan
pembelajaran
· Pemberian motivasi
pembelajaran yang menarik berkaitan dengan tujuan pembelajaran
· Penjelasan alur
pelaksanaan pembelajaran (pengelompokan dsb. )
POKOK
· Penerapan strategi
pembelajaran
· Pemanduan sajianm
ateri pembelajaran (keterpaduan bahan)
· Penggunaan alat/media
pembelajaran
· Penerapan teknik
bertanya
· Pemberian pengalaman
berbahasa kepada siswa
· Pembahasan hasil
kerja melibatkan keaktifan siswa
· Pemberian bimbingan
siswa
· Penggunaan bahasa
penyaji
PENUTUP
· Penggunaan sistem
penilaian (tetulis/lisan)
· Pemberian tindak
lanjut (perbaikan/pengayaan)
· Pemahaman wawasan
siswa (Tugas ke Perpus takaan dsb.)
Jumlah
Simpulan
: …………………………………………………
………………………………………………….
Saran
–saran : …………………………………………………..
…………………………………………………..
Pengamat,
Penyaji,
1.
……………………………….
2.
…………………………….....
3.
……………………………….. ……………………….