Tugas
supervisor adalah mengarahkan dan membimbing para guru dalam proses belajar
mengajar
(Pidarta,
1992).
Dengan
adanya pengarahan dan pembimbingan dari supervisor, seorang guru diharapkan
dapat:
1.
membuat
perencanaan mengajar,
2.
melaksanakan
pembelajaran,
3.
menilai
proses dan hasil belajar siswa,
4.
mempunyai
sikap dan sifat yang baik; ini ditandai dengan: adil, percaya dan suka kepada
siswa, sabar dan rela berkorban, memiliki wibawa terhadap siswa, penggembira,
bersikap baik terhadap guru-guru lainnya, bersikap baik dengan masyarakat,
benar-benar menguasai mata pelajaran, suka kepada mata pelajaran yang
diberikannya,dan berpengetahuan luas ( Purwanto, 2003)
5.
mempunyai
peran yang baik,yang bisa dilihat dari penceramah, nara sumber, fasilitator,
konselor, pemimpin kelompok, tutor, manajer, kepala laboratorium, perancang
program,dan manipulator yang dapat mengubah situasi belajar Oliva (dalam
Sahertian, 1994).