Wayan
Nurkencana (1993), tes adalah suatu cara untuk mengadakan penilaian yang
berbentuk suatu tugas yang harus dikerjakan anak atau sekelompok anak sehingga
menghasilkan suatu nilai tentang tingkah laku atau prestasi anak tersebut yang
kemudian dapat dibandingkan dengan nilai yang dicapai oleh anak-anak lain atau
standar yang telah ditetapkan
Overton,
Terry (2008): test is a method to
determine a student’s ability to complete certain tasks or demontstrate mastery
of a skill or knowledge of content. Some types would be multiple choice tests
or a weekly spelling test. While it commonly used interchangeably with
assesment, or even evaluation, it can be distinguished by the fact that a test is one form of an assesment.
(Tes adalah suatu metode untuk menentukan kemampuan siswa menyelesaikan
sejumlah tugas tertentu atau mendemonstrasikan penguasaan suatu keterampilan
atau pengetahuan pada suatu materi pelajaran.
Beberapa
tipe tes misalnya tes pilihan ganda atau tes mengeja mingguan. Seringkali
penggunaannya tertukar dengan asesmen, atau bahkan evaluasi (penilaian), yang
mana sebenarnya tes dapat dengan mudah dibedakan berdasarkan kenyataan bahwa
tes adalah salah satu bentuk asesmen).
Tes
adalah cara atau metode untuk menentukan kemampuan siswa menyelesaikan tugas
tertentu atau mendemonstrasikan penguasaan suatu keterampilan atau pengetahuan.
Beberapa tipe tes misalnya tes pilihan ganda atau tes mengeja mingguan. Tes
adalah salah satu bentuk asesmen.