Angelo
T.A.(1991): Classroom Assessment is a
simple method faculty can use to collect feedback, early and often, on how well
their students are learning what they are being taught. (Artinya: asesmen
Kelas adalah suatu metode yang sederhana dapat digunakan untuk mengumpulkan
umpan balik, baik di awal maupun setelah pembelajaran tentang seberapa baik
siswa mempelajari apa yang telah diajarkan kepada mereka.)
Kizlik,
Bob (2009): Assessment is a process by
which information is obtained relative to some known objective or goal.
Assessment is a broad term that includes testing. A test is a special form of
assessment. Tests are assessments made under contrived circumstances especially
so that they may be administered. In other words, all tests are assessments,
but not all assessments are tests. (Artinya : asesmen adalah suatu proses
dimana informasi diperoleh berkaitan dengan tujuan pembelajaran. Asesmen adalah
istilah yang luas yang mencakup tes (pengujian).
Tes
adalah bentuk khusus dari asesmen. Tes adalah salah satu bentuk asesmen. Dengan
kata lain, semua tes merupakan asesmen, namun tidak semua asesmen berupa tes)
Overton,
Terry (2008): Assesment is a process of
gathering information to monitor progress and make educational decisions if
necessary. As noted in my definition of test, an assesment may include a test,
but also include methods such as observations, interview, behavior monitoring,
etc. (Artinya: sesmen adalah suatu proses pengumpulan informasi untuk
memonitor kemajuan dan bila diperlukan pengambilan keputusan dalam bidang
pendidikan. Sebagaimana disebutkan dalam definisi saya tentang tes, suatu
asesmen bisa saja terdiri dari tes, atau bisa juga terdiri dari berbagai metode
seperti observasi, wawancara, monitoring tingkah laku, dan sebagainya).
Palomba
and Banta(1999), Assessment is the
systematic collection , review , and use of information about educational
programs undertaken for the purpose of improving student learning and
development (Artinya: asesmen adalah pengumpulan, reviu, dan penggunaan
informasi secara sistematik tentang program pendidikan dengan tujuan
meningkatkan belajar dan perkembangan siswa).
Asesmen
merupakan metode dan proses yang digunakan untuk mengumpulkan umpan balik
tentang seberapa baik siswa belajar.
Dapat
dilakukan di awal, di akhir (sesudah), maupun saat pembelajaran sedang
berlangsung. Asesmen dapat berupa tes atau nontes. Asesmen berupa nontes
misalnya penggunaan metode observasi, wawancara, monitoring tingkah laku, dan
sebagainya.
Hasilnya
dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Bertujuan meningkatkan belajar
(pembelajaran) dan perkembangan siswa.