SUMBER:
§ Peraturan Menteri Pendidikan nasional16/2007
tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
§ BSNP versi 6.0. 11/2008 Kerangka Indikator untuk
Pelaporan Pencapaian Standar Nasional Pendidikan: Standar Kualifikasi Akademik
dan Kompetensi Guru.
§ Permenegpan dan RB 16/2009 tentang Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Kompetensi
|
Cara menilai
|
Pedagogik
|
1. Menguasai
karakteristik peserta didik
|
Pengamatan
& Pemantauan
|
2.
Menguasasi teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran yang mendidik.
|
Pengamatan
|
3. Pengembangan
kurikulum
|
Pengamatan
|
4. Kegiatan
pembelajaran yang mendidik
|
Pengamatan
|
5. Pengembangan
potensi peserta didik.
|
Pengamatan
& Pemantauan
|
6. Komunikasi dengan
peserta didik
|
Pengamatan
|
7.
Penilaian dan evaluasi
|
Pengamatan
|
Kepribadian
|
8.
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan
kebudayaan nasional.
|
Pengamatan
& Pemantauan
|
9.
Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan
|
Pengamatan
& Pemantauan
|
10.
Etos Kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga
menjadi guru
|
Pengamatan
& Pemantauan
|
Sosial
|
11. Bersikap inklusif,
bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif
|
Pengamatan
& Pemantauan
|
12.
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan,
orang tua, peserta didik, dan masyarakat.
|
Pemantauan
|
Profesional
|
13.
Penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir
keilmuan yangmendukung mata pelajaran yang diampu.
|
Pengamatan
|
14. Mengembangkan
Keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif
|
Pemantauan
|
KOMPETENSI 1
|
:
|
Mengenal karakteristik peserta didik
|
Jenis dan cara menilai
|
:
|
Kompetensi Pedagogik (Pengamatan dan
Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru mencatat dan menggunakan
informasi tentang karakteristik peserta didik untuk membantu proses
pembelajaran. Karakteristik ini terkait dengan aspek fisik intelektual,
sosial emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.
|
INDIKATOR
1.
Guru
dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
2.
Guru
memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk
berpartisipasiaktif dalam kegiatan pembelajaran.
3.
Guru
dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua
peserta didikdengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
4.
Guru
mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah
agar perilakutersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
5.
Guru
membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
6.
Guru
memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat
mengikuti aktivitaspembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak
termarginalkan (tersisihkan, diolok‐olok, minder, dsb).
PROSES PENILAIAN
Sebelum
Pengamatan:
1. Mintalah daftar nama peserta didik.
1.1 Pilihlah
4 (empat) nama peserta didik secara random. Tanyakan bagaimana kemampuan
belajarkeempat peserta didik tersebut. Mintalah bukti hasil ulangan terakhir
keempat peserta didik tersebut.
1.2
Pilihlah 4 (empat) nama peserta didik lain.
Tanyakan bagaimana karakteristik keempat peserta didiktersebut (aktif, pendiam,
pemalu, ceria, dsb.).
2.
Mintalah guru untuk memilih satu nama peserta
didik dengan karakteristik teretntu (misalnya aspek intelektual). Tanyakan
bagaimana cara membantu mengembangkan potensinya tersebut.
3.
Mintalah guru memilih satu nama peserta didik
dengan kekurangan tertentu (misalnya aspek sosial). Tanyakan bagaimana cara
membantu peserta didik tersebut untuk mengatasi
kelemahannya.
4.
Tanyakan kepada guru, apakah di kelas ada
peserta didik yang mempunyai kelainan fisik tertentu. Bila ada, bagaimana cara
memastikan bahwa peserta didik tersebut dapat belajar dengan baik.
5.
Tanyakan kepada guru, apakah baru-baru ini ada
kejadian luar biasa dalam keluarga peserta didik (kelahiran, kematian, sedang
ada yang sakit, dsb.). Tanyakan apakah hal tersebut berdampak terhadap
pembelajaran peserta didik yang bersangkutan, dan bagaimana mengatasinya.
6.
Tanyakan kepada guru apakah ada peserta didik
di kelas yang selalu menggangu peserta didik lain. Bila ada, bagaimana upaya
untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lain.
7.
Mintalah guru untuk menjelaskan karakteristik
umum kelas yang diajarnya (kelas yang rata-rata memiliki peserta didik yang
cerdas, kreatif, rata-rata baik dalam mata pelajaran tertentu, dsb.).
Selama
Pengamatan:
1.
Amati apakah guru mengatur posisi tempat duduk
peserta didik sesuai dengan kegiatan/aktivitas pembelajaran yang dilakukan.
2.
Amati apakah guru hanya diam di depan kelas
atau berkeliling mensupervisi semua peserta didik.
3.
Amati apakah selama proses pembelajaran guru
melakukan pengecekan secara rutin dengan bertanya kepada peserta didik tentang
keterbacaan media belajar yang digunakan (termasuk penjelasan pada papan
tulis).
4.
Amati apakah selama proses pembelajaran guru
melakukan pengecekan secara rutin bahwa semua peserta didik secara aktif
melaksanakan tugas-tugas yang diberikan.
5.
Amati apakah ada peserta didik yang melakukan
kegiatan lain di luar kegiatan yang seharusnya dilakukan dan bagaimana guru
bersikap terhadap peserta didik yang demikian.
Setelah
Pengamatan:
1.
Tanyakan kepada guru apakah ada alasan
tertentu dari penempatan peserta didik (posisi tempat duduk) di dalam kelas
(karena pendengaran atau penglihatan yang kurang jelas, karena perlu
konsentrasi, dsb.).
2.
Mintalah guru menjelaskan persepsinya tentang
hasil pembelajaran peserta didik (apakah sukses, apakah ada anak yang tidak
berpartisipasi, dsb.).
Pemantauan:
Periksa pada awal dan pertengahan semester apakah guru membuat catatan
tentang kemajuan dan perkembangan peserta didik.
KOMPETENSI2
|
:
|
Menguasai
teori belajar dan prinsip‐prinsip
pembelajaran yang mendidik.
|
Jenis dan cara menilai
|
:
|
Pedagogik (Pengamatan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru menetapkan berbagai pendekatan,
strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif sesuai
dengan standar kompetensi guru. Guru menyesuaikan metode pembelajaran supaya
sesuai dengan karakteristik peserta didik dan memotivasi mereka untuk
belajar.
|
INDIKATOR
1.
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran
sesuai usiadan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan
aktivitas yang bervariasi.
2.
Guru
selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran
tertentu danmenyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat
pemahaman tersebut.
3.
Guru
dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik
yang sesuaimaupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan
pembelajaran.
4.
Guru
menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
5.
Guru
merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan
memperhatikantujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
6.
Guru
memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi
pembelajaran yangdiajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan
pembelajaran berikutnya.
PROSES PENILAIAN
Sebelum Pengamatan:
Mintalah
RPP pada guru dan periksalah RPP tersebut.
1.
Pilihlah satu topik pembelajaran tertentu.
Tanyakan bagaimana strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut,
seberapa penting tujuan pembelajaran tersebut, dan bagaimana kaitannya dengan
tujuan pembelajaran sebelumnya.
2.
Tanyakan seberapa jauh kegiatan atau aktivitas
pembelajaran yang akan dilaksanakan sesuai dengan usia, kesiapan belajar,
tingkat pembelajaran, dan cara belajar pserta didik.
3.
Tanyakan alasan yang melatar belakangi
penyusunan rencana kegiatan atau rencana aktivitas dalam RPP.
Selama
Pengamatan:
1.
Amati apakah guru melaksanakan aktivitas
pembelajaran secara bervariasi.
2.
Amati apakah guru memberi kesempatan kepada
semua peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan
kemampuan belajarnya.
3.
Amati apakah guru selalu memastikan tingkat
pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan
aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
4.
Amati apakah guru memanfaatkan berbagai teknik
untuk memberikan motivasi kemauan belajar peserta didik melalui pemanfaatan
berbagai teknik pembelajaran.
5.
Amati bagaimana guru menghubungkan hal-hal
baru dengan pengetahuan awal yang dimiliki peserta didik.
6.
Amati bagaimana kegiatan yang dilaksanakan
dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
7.
Amati bagaimana guru menanggapi respon peserta
didik terhadap materi yang sedang diajarkan.
Setelah pengamatan:
1.
Pilihlah satu aktivitas guru di kelas (yang
diamati pada saat pengamatan) yang sesuai dengan rencana pembelajaran. Tanyakan
mengapa guru melaksanakan aktivitas tersebut dan bagaimana kaitannya dengan
tujuan pembelajaran.
2.
Pilihlah satu aktivitas di kelas (yang diamati
pada saat pengamatan) yang dilaksanakan berbeda dari rencana pembelajaran.
Tanyakan mengapa guru mengubah pelaksanaan pembelajaran menjadi sangat berbeda
dengan rencana semula. Tanyakan pula apakah pengubahan tersebut terkait dengan keberhasilan
pembelajaran.
Pemantauan: -
KOMPETENSI 3
|
:
|
Pengembangan
kurikulum
|
Jenis dan cara menilai
|
:
|
Pedagogik (Pengamatan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru menyusun silabus sesuai dengan
tujuan terpenting kurikulum dan menggunakan RPP sesuai dengan tujuan dan lingkungan
pembelajaran. Guru memilih, menyusun, dan menata materi pembelajaran yang
sesuai dengan kebutuhan peserta didik
|
INDIKATOR
1.
Guru
dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum.
2.
Guru
merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas
materiajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang
ditetapkan.
3.
Guru
mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran.
4.
Guru
memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b)
tepat danmutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta
didik, d) dapatdilaksanakan di kelas dan e) sesuai dengan konteks kehidupan
sehari‐hari
peserta didik.
PROSES PENILAIAN
Sebelum Pengamatan:
Periksalah
RPP, dan cermati apakah RPP tersebut telah sesuai dengan silabus dalam
kurikulum sekolah.
Selama Pengamatan:
1. Amati
seberapa lancar, jelas dan lengkap guru menyampaikan materi yang diajarkannya.
2. Amati
bagaimana guru menyesuaikan materi yang dijarkan dengan usia, latar belakang,
dan tingkat pembelajaran peserta didik.
3. Amati
bagaimana guru menghubungkan materi yang diajarkan dengan lingkungan dan
kehidupan sehari-hari peserta didik.
4. Amati
apakah materi yang diajarkan guru adalah materi yang mutakhir.
5. Amati
apakah kegiatan/aktifitas pembelajaran yang dilaksanakan guru mencakup berbagai
tipe pembelajaran siswa.
6. Amati
bagaimana guru membantu mengembangkan kemampuan atau keterampilan generiknya
(kreatifitas, berpikir kritis, berpikir inovatif, dan pemecahan masalah, dsb):
Berapa jauh pengetahuan atau keterampilan generik tersebut tercakup dalam mata
pelejaran tersebut.
Setelah pengamatan:
Meminta
guru menjelaskan bagaimana dia memanfaatkan hasil pembelajaran yang
dilaksanakannya untuk mengembangkan topik mata pelajaran berikutnya.
Pemantauan: -
KOMPETENSI4
|
:
|
Kegiatan
pembelajaran
yang mendidik
|
Jenis dan cara menilai
|
:
|
Pedagogik (Pengamatan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru menyusun dan melaksanakan rancangan
pembelajaran yang mendidik secara lengkap. Guru melaksanakan kegiatan
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Guru menyusun dan
menggunakan berbagai materi pembelajaran dan sumber belajar sesuai dengan
karakteristik peserta didik. Jika relevan, guru memanfaatkan teknologi
informasi komunikasi (TIK) untuk kepentingan pembelajaran
|
INDIKATOR
1.
Guru
melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun
secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru
mengerti tentang tujuannya.
2.
Guru
melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses
belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik
merasa tertekan.
3.
Guru
mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia
dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
4.
Guru
menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses
pembelajaran, bukan semata‐mata
kesalahan yang harus
dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang
setuju/tidak setujudengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan
tentang jawaban yg benar.
5.
Guru
melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya
dengan konteks kehidupan sehari‐haripeserta didik.
6.
Guru
melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup
untuk kegiatan pembelajaran yangsesuai dengan usia dan tingkat kemampuan
belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik.
7.
Guru
mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya
sendiri agar semua waktu pesertadapat termanfaatkan secara produktif.
8.
Guru
mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas.
9.
Guru
memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan
dan berinteraksi denganpeserta didik lain.
10.
Guru
mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu
proses belajar peserta didik. Sebagaicontoh: guru menambah informasi baru
setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya.
11.
Guru
menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio‐visual (termasuk TIK) untuk
meningkatkan motivasi belajar pesertadidik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
PROSES PENILAIAN
Sebelum Pengamatan:
Mintalah RPP pada guru dan periksalah RPP
tersebut.
1.
Tanyakan tentang topik dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan. Tanyakan apakah kemungkinan akan ada
kesulitan dalam membahas topik tersebut untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
2.
Bila ada peserta didik yang mengalami
kesulitan untuk memahami materi tersebut, bagaimana strategi guru untuk
mengatasinya.
3.
Tanyakan bagaimana cara menentukan tingkat
pemahaman peserta didik terhadap topik tsb.
Selama
Pengamatan:
1.
Amati apakah guru menyesuaikankemampuan
peserta untuk berkonsentrasi dalam menerima pelajaran sesuai dengan tingkat
perkembangannya
2.
Amati apakah semua kegiatan yang dilaksanakan
dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan
pembelajaran
3.
Amati bagaimana guru mengelola aktifitas
(misalnya apakah waktunya sesuai dengan RPP atau yang direncanakan, apakah guru
melaksanakan pembelajaran sesuai/tidak dg tujuan pembelajaran yg direncanakan
4.
Amati seberapa lama waktu yang digunakan oleh
peserta didik untuk melaksanakan kegiatan/aktifitas pembelajaran untuk
menghasilkan sesuatu yang bersifat produktif, dan berapa lama peserta didik
hanya menerima keterangan, informasi atau instruksi dari guru dalam
pembelajarannya
5.
Amati bagaimana guru membantu setiap peserta
didik untuk melakukan kegiatannya masing-masing, apakah ada peserta didik yg
tidak terlibat aktif dlm pembelajarannya & bagaimana guru menangani peserta
didik tsb.
6.
Amati bagaimana guru menggunakan media
pembelajaran tersebut di bawah ini, apakah sesuai dengan tujuan pembelajaran,
apakah dapat membantu cara belajar atau memotivisai peserta didik, serta
seberapa terampil guru menggunakannya. a) Papan tulis; b) Gambar dan/atau bahan
tercetak; c) Alat bantu video visual; c) Komputer/TIK; dan d) Media lainnya.
Setelah pengamatan:
Mintalah guru untuk menjelaskan seberapa jauh tingkat keberhasilan
dalam pembelajaran yang dilaksanakan, dan mengidentifikasikan bagian apa yang
perlu diperbaiki.
Pemantauan: -
KOMPETENSI5
|
:
|
Memahami
dan mengembangkan potensi
|
Jenis dan cara menilai
|
:
|
Pedagogik (Pengamatan dan
Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru menganalisis potensi
pembelajaran setiap peserta didik dan mengidentifikasi pengembangan potensi
peserta didik melalui program pembelajaran yang mendukung siswa
mengaktualisasikan potensi akademik, kepribadian, dan kreativitasnya sampai
ada bukti jelas bahwa peserta didik
mengaktualisasikan potensi mereka
|
INDIKATOR
1. Guru menganalisis hasil belajar
berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk
mengetahui tingkat kemajuan masing‐masing.
2.
Guru
merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik
untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing‐masing.
3.
Guru
merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya
kreativitas dan kemampuan berfikir kritis peserta didik.
4.
Guru
secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan
perhatiankepada setiap individu.
5.
Guru
dapat mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan
kesulitan belajar masingmasing peserta didik.
6.
Guru
memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara
belajarnya masingmasing.
7.
Guru
memusatkan perhatian pada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk
memahamidan menggunakan informasi yang disampaikan.
PROSES PENILAIAN
Sebelum Pengamatan:
Periksa daftar hadir, pilih 4 (empat) nama peserta didik secara acak,
dan mintalah guru menerangkan halhal berikut:
1.
Bagaimana guru dapat menunjukkan kekuatan dan
kelemahan belajar peserta didik (misalnya melalui pengamatan sikap peserta
didik terhadap materi atau mata pelajaran tertentu).
2.
Tindakan apa yang dilakukan guru untuk mengembangkan
kekuatan dan mengatasi kelemahan tersebut.
3.
Apakah peserta didik tersebut pernah mendapat
layanan khusus dari guru BK.
Selama Pengamatan:
1.
Amati seberapa jauh guru memperhatikan setiap
peserta didik, apakah guru hanya memberikan perhatian kepada peserta didik yang
memiliki kelebihan tertentu saja.
2.
Amati bagaimana guru menyakinkan setiap
peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran.
3.
Amati seberapa jauh guru memberikan perhatian
terhadap kontribusi yang diberikan oleh peserta didik dan berapa banyak
kesempatan yang diberikan kepada peserta didik untuk menyampaikan
pemikiran/pendapatnya.
4.
Amati bagaimana guru memotivasi peserta didik
untuk bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan topik yang dibahas.
5.
Amati bagaimana guru memotivasi peserta didik
untuk mengembangkan pemikiran dan pengalamannya yang melebihi pengetahuan dan
pengalaman di lingkungan dan kehidupan sehari-hari.
Setelah pengamatan:
1.
Mintalah guru menjelaskan apakah ada tindak
lanjut yang akan dilakukan karena topik tersebut menarik atau sulit, dan
bagaimana melanjutkannya.
2.
Mintalah guru menjelaskan apakah ada peserta
didik yang pernah mendapat perhatian khusus untuk mengembangkan potensinya dan
manfaatnya untuk perbaikan RPP.
Pemantauan:
Periksa apakah guru memiliki dokumen tentang
kemajuan belajar setiap peserta didik.
KOMPETENSI 6
|
:
|
Komunikasi
dengan peserta
didik
|
Jenis dan cara menilai
|
:
|
Pedagogik (Pengamatan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru berkomunikasi secara efektif,
empatik dan santun dengan peserta didik dan bersikap antusias dan positif.
Guru memberikan respon yang lengkap dan relevan kepada komentar atau
pertanyaan peserta didik
|
INDIKATOR
1.
Guru
menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi
peserta didik,termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta
didik untuk menjawab dengan idedan pengetahuan mereka.
2.
Guru
memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta
didik, tanpamenginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau
mengklarifikasi pertanyaan/tanggapantersebut.
3.
Guru
menanggapi pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai
tujuanpembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
4.
Guru
menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik
antarpesertadidik.
5.
Guru
mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik
yang benarmaupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta
didik.
6.
Guru
memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara
lengkap danrelevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
PROSES PENILAIAN
Sebelum Pengamatan:
Mintalah
guru menjelaskan bagaimana mendorong interaksi aktif antarpeserta didik
Selama
Pengamatan:
1.
Amati berapa lama waktu yang digunakan oleh:
a)
guru untuk berbicara di kelas;
b)
guru untuk berbicara kepada peserta didik
secara individu;
c)
peserta didik untuk menjawab pertanyaan guru;
d)
peserta didik untuk memulai berinterkasi
dengan guru;
e)
peserta didik untuk bekerja bersama-sama;
f)
peserta didik untuk bekerja mandiri.
2.
Amati saat peserta didik bekerja dalam
kelompok, berapa banyak anggotanya, dan apakah setiap anggota kelompok memiliki
waktu yang cukup untuk berpatisipasi secara aktif dalam kegiatan yang sedang
dilakukan.
3.
Amati bagaimana guru memastikan peserta didik
yang duduk di belakang atau di samping kanan-kiri kelas untuk berpartisipasi
aktif dalam proses pembelajaran.
4.
Amati variasi pertanyaan yang digunakan guru
(apakah pertanyaan tersebut hanya untuk anak yang pandai atau mencakup juga
untuk anak yang kurang pandai).
5.
Cermati seberapa banyak pertanyaan terbuka
yang disampaikan oleh guru dibandingkan pertanyaan yang telah diketahui
jawabannya.
6.
Amati bagaimana cara guru memilih peserta
didik yang akan menjawab pertanyaan tersebut.
7.
Amati bagaimana guru merespon jawaban peserta
didik dan berapa sering guru mendorong peserta didik untuk bekerjasama dalam
menjawab pertanyaan.
Setelah pengamatan:
Meminta
guru menjelaskan tentang persepsinya berkaitan dengan efektifitas komunikasi
yang terjadi selama proses pembelajaran, misalnya pertanyaan dari peserta didik
cukup banyak.
Pemantauan: -
KOMPETENSI 7
|
:
|
Penilaian
dan Evaluasi
|
Jenis dan cara menilai
|
:
|
Pedagogik (Pengamatan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru menyelenggarakan penilaian
proses dan hasil belajar secara berkesinambungan. Guru melakukan evaluasi
atas efektivitas proses dan hasil belajar dan menggunakan informasi hasil
penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. Guru
menggunakan hasil analisis penilaian dalam proses pembelajarannya
|
INDIKATOR
1.
Guru
menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai
kompetensitertentu seperti yang tertulis dalam RPP.
2.
Guru
melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain
penilaian formal yangdilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta
implikasinya kepada peserta didik, tentang tingkat
pemahaman terhadap materi
pembelajaran yang telah dan akan dipelajari.
3.
Guru
menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang
sulit sehinggadiketahui kekuatan dan kelemahan masing‐masing peserta
didik untuk keperluan remedial danpengayaan.
4.
Guru
memanfaatkan masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk
meningkatkanpembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui catatan,
jurnal pembelajaran, rancanganpembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya.
5.
Guru
memanfatkan hasil penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran
yang akandilakukan selanjutnya.
PROSES PENILAIAN
Sebelum
Pengamatan:
1.
Meminta guru untuk menyediakan RPP dan alat
penilaian. Periksa apakah alat penilaian
sesuai dengan tujuan pembelajaran. Mintalah guru menjelaskan bagaimana
memanfaatkan perangkat tersebut untuk merencanakan, memonitor kemajuan dan
perkembangan peserta didik dalam pembelajarannya.
2. Meminta
guru menjelaskan berbagai teknik dan jenis penilaian yang pernah dilakukan.
Selama
Pengamatan: -
Setelah
Pengamatan:
1. Meminta
guru menjelaskan bagaimana cara memperoleh masukan balik tentang pengajarannya
(misalnya evaluasi oleh peserta didik,
komentar dari teman sekerja, refleksi diri, dsb).
2.
Meminta guru menunjukkan hasil analisis
penilaian dan menunjukkan topik kempetensi yang sulit untuk keperluan remedial.
3.
Bagaimana
guru mengkomunikasikan hasil
penilaian kepada peserta didik dan menunjukkan materi pembelajaran yang belum
dikuasai peserta didik.
4.
Bagaimana guru mendeskripsikan dan
memanfaatkan hasil analisis penilaian untuk merencanakan dan melaksanakan
pembelajaran berikutnya.
Pemantauan: -
KOMPETENSI 8
|
:
|
Bertindak
sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia
|
Jenis dan cara menilai
|
:
|
Kepribadian (Pengamatan dan
Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru bertindak sesuai dengan hukum
di Indonesia. Semua kegiatan yang dilaksanakan oleh guru mengindikasikan
penghargaanya terhadap berbagai keberagaman agama, keyakinan yang dianut,
suku, adat istiadat daerah asal, latar belakang sosial ekonomi, dan/atau
tampilan fisik.
|
.
INDIKATOR
1.
Guru
menghargai dan mempromosikan prinsip‐prinsip Pancasila sebagai dasar
ideologi dan etika bagisemua warga Indonesia.
2.
Guru
mengembangkan kerjasama dan membina kebersamaan dengan teman sejawat
tanpamemperhatikan perbedaan yang ada (misalnya: suku, agama, dan gender).
3.
Guru
saling menghormati dan menghargai teman sejawat sesuai dengan kondisi dan
keberadaanmasing‐masing.
4.
Guru
memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.
5.
Guru
mempunyai pandangan yang luas tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya:
budaya,suku, agama).
PROSES PENILAIAN
Sebelum
Pengamatan:
Bagaimana pandangan guru tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya: budaya, suku, agama).
Selama
Pengamatan: -
Setelah
Pengamatan: -
Pemantauan:
Penilai mewawancarai warga sekolah (teman sejawat, peserta didik,
orang tua, dan tenaga kependidikan lainnya), dan meminta penjelasan dan contoh
tentang perilaku dan reputasi guru yang dinilai terkait dengan:
1.
bagaimana guru memahami prinsip-prinsip Pancasila
sebagai dasar ideologi dan etika bagi semua warga Indonesia;
2.
bagaimana sikap guru dalam pergaulan
sehari-hari (menghormati, menghargai,
dan membantu satu sama lain, sesuai dengan kondisi dan keberadaan
masing-masing, bangga sebagai bangsa
Indonesia); dan
3.
bagaimana pandangan guru tentang keberagaman
bangsa Indonesia (misalnya: budaya,
suku, agama).
KOMPETENSI 9
|
:
|
Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan
|
Jenis dan cara menilai
|
:
|
Kepribadian (Pengamatan dan
Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru menampilkan diri sebagai
teladan bagi peserta didik dan masyarakat. Guru dihormati oleh peserta
didiknya dan oleh anggota masyarakat sekitarnya, termasuk orang tua siswa.
|
INDIKATOR
1.
Guru
bertingkah laku sopan dalam berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap
semua pesertadidik, orang tua, dan teman sejawat.
2.
Guru
mau membagi pengalamannya dengan kolega, termasuk mengundang mereka
untukmengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan.
3.
Guru
mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta
didik,sehingga semua peserta didik selalu memperhatikan guru dan berpartisipasi
aktif dalam prosespembelajaran.
4.
Guru
bersikap dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik dan memberikan
kesempatankepada peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
5.
Guru
berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik sekolah.
PROSES PENILAIAN
Sebelum
Pengamatan: -
Selama Pengamatan:
1.
Amati bagaimana guru berbicara dan
bersikap terhadap peserta didiknya
(misalnya apakah sesuai dengan usia, tidak merendahkan diri peserta didik,
santun, dsb.).
2.
Amati bagaimana peserta didik berbicara dan
bersikap terhadap gurunya (misalnya sopan, santun, terbuka, apakah peserta
didik selalu memperhatikan guru waktu berbicara, selalu melaksanakan petunjuk
guru, apakah guru perlu medisiplinkan peserta didiknya, dsb.).
3.
Amati bagaimana guru memastikan setiap peserta
didik melakukan tugas dan berpartisipasi aktif dalam pembelajarannya.
Setelah Pengamatan: -
Pemantauan:
Penilai
melakukan wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan/atau
koordinator PKB tentang:
1.
kehadiran guru di sekolah dan di kelas (apakah
selalu hadir sesuai jam mengajarnya, apakah selalu masuk kelas tepat waktu,
dsb.);
2.
apakah guru memenuhi tugas non-pembelajarannya
dan bagaimana guru mempersiapkan tugas-tugas tersebut (misalnya apakah hasil tes
dikembalikan kepada peserta didik tepat waktu, apakah rajin melakukan supervisi
kegiatan ekstra-kurikulum, dsb), dan apakah pekerjaannya sesuai dengan standar
yang diharapkan oleh sekolah;
3.
bagaimana guru berbagi pengalaman keberhasilan
dalam pembelajaran dengan teman sejawat; dan
4.
bagaimana guru bekerja sebagai anggota
kelompok dalam komunitas sekolah termasuk dalam kegiatan KKG/MGMP.
KOMPETENSI 10
|
:
|
Etos
kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
|
Jenis dan cara menilai
|
:
|
Kepribadian (Pengamatan dan
Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru berperilaku sesuai dengan kode
etik profesi guru. Guru melaksanakan tugasnya sesuai dengan harapan kepala
sekolah/madrasah dan komite sekolah/madrasah. Semua kegiatan guru
memperhatikan kebutuhan peserta didik, teman sekerja, dan tujuan sekolah..
|
INDIKATOR
1.
Guru
mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu.
Jika guru harus
meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal‐hal produktif
terkaitdengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk
mengawasi kelas.
2.
Guru
memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam
mengajarberdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah.
3.
Guru
meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti
yang sah jika tidakmenghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses
pembelajaran di kelas.
4.
Guru
menyelesaikan semua tugas administratif dan non‐pembelajaran dengan tepat waktu
sesuaistandar yang ditetapkan.
5.
Guru
memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait
dengantugasnya.
6.
Guru
memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi
yangberdampak positif terhadap nama baik sekolah.
7.
Guru
merasa bangga dengan profesinya sebagai guru.
PROSES PENILAIAN
Sebelum Pengamatan: -
Selama Pengamatan:
Amati apakah guru
memiliki materi tambahan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dapat
dipergunakan oleh guru piket apabila guru bersangkutan harus melakukan tugas
lain.
Setelah Pengamatan: -
Pemantauan:
1. Dua
kali dalam satu semester, penilai melakukan kunjungan ke kelas di awal, di
tengah dan di akhir jam pelajaran yang
mengamati:
1.1. apakah
guru tepat waktu dalam mengawali dan mengakhiri kelasnya; dan
1.2.
apakah peserta didiknya tetap melakukan
tugas-tugas mereka sesuai dengan jadwal.
2. Dua
kali dalam satu semester penilai bertanya kepada peserta didik, diantaranya:
1.1. apakah
guru yang bersangkutan pernah tidak hadir
1.2.
jika guru tidak hadir, kegiatan apa yang dilakukan oleh peserta
didik.
3.
Dalam wawancara dengan warga sekolah (teman
sejawat, peserta didik, orang tua, dan tenaga kependidikan lainnya, koordinator
PKB), penilai meminta mereka untuk menjelaskan perilaku guru yang dinilai
terhadap tugas-tugas non pembelajaran.
KOMPETENSI 11
|
:
|
Bersikap
inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif.
|
Jenis dan cara menilai
|
:
|
Sosial (Pengamatan dan Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru menghargai peserta didik, orang
tua peserta didik dan teman sejawat. Guru bertindak inklusif, serta tidak
diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, dan masyarakat sekitar.
Guru menerapkan metode pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran semua
peserta didik.
|
INDIKATOR
1.
Guru
memperlakukan semua peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan bantuan
sesuaikebutuhan masing‐masing, tanpa memperdulikan faktor
personal.
2.
Guru
menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif),
serta berkontribusipositif terhadap semua diskusi formal dan informal terkait
dengan pekerjaannya.
3.
Guru
sering berinteraksi dengan peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya
pada kelompoktertentu (misalnya: peserta didik yang pandai, kaya, berasal dari
daerah yang sama dengan guru).
PROSES PENILAIAN
Sebelum
Pengamatan: -
Selama Pengamatan:
1.
Amati bagaimana guru membagi waktunya dalam
berinteraksi dengan peserta didik, baik secara individu maupun kelompok.
2.
Amati bagaimana guru melakukan interaksi
(bertanya, berdiskusi, dsb) dengan peserta didik untuk menarik perhatian
seluruh peserta didik di kelas.
3.
Amati bagaimana guru menghargai proses dan
hasil kerja peserta didik yang dianggap baik.
4.
Amati bagaimana guru menangani persaingan yang tidak sehat
antarpeserta didik.
5.
Amati bagaimana guru manangani peserta didik
yang melakukan tindakan negatif terhadap peserta didik lainnya (misalnya
diskriminasi etnik, gender, agama, dsb.).
6.
Amati apakah guru memberikan perhatian yang
sama terhadap setiap peserta didik, atau hanya memberikan perhatian terhadap
peserta didik atau kelompok peserta didik tertentu.
Setelah
Pengamatan: -
Pemantauan:
1.
Tanyakan kepada kepala sekolah, wakil kepala
sekolah, atau koordinator PKB tentang:
1.1.
hubungan dan kepedulian guru terhadap teman
sejawat dan orang tua peserta didik; dan
1.2.
kontribusi guru dalam berbagai diskusi formal
dan informal terkait dengan pekerjaannya.
KOMPETENSI 12
|
:
|
Komunikasi
dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua peserta didik, dan
masyarakat.
|
Jenis dan cara menilai
|
:
|
Sosial
(Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru berkomunikasi secara efektif
baik lisan maupun tulisan dengan orang tua peserta didik dan masyarakat. Guru
menyediakan informasi resmi (baik lisan maupun tulisan) kepada orang tua
peserta didik tentang program pembelajaran dan kemajuan peserta didik
(sekurang‐kurangnya
dua kali dalam setahun). Guru berpartisipasi dalam kegiatan kerjasama antara
sekolah dan masyarakat dan berkomunikasi dengan komunitas profesi dan
berpartisipasi dalam kegiatan yang relevan.
|
INDIKATOR
1.
Guru
menyampaikan informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik
kepada orangtuanya, baik dalam pertemuan formal maupun tidak formal antara guru
dan orang tua, teman sejawat,dan dapat menunjukkan buktinya.
2.
Guru
ikut berperan aktif dalam kegiatan di luar pembelajaran yang diselenggarakan
oleh sekolah danmasyarakat dan dapat memberikan bukti keikutsertaannya.
3.
Guru
memperhatikan sekolah sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan
masyarakatsekitar, serta berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat.
PROSES PENILAIAN
Sebelum
Pengamatan: -
Selama
Pengamatan: -
Setelah
Pengamatan: -
Pemantauan:
1.
Penilai meminta guru menyediakan
dokumen/catatan tentang pertemuan guru dengan orang tua berkaitan dengan
kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik. Cermati dan catat aspek
spesifik yang telah dilakukan guru terkait dengan hal-hal tersebut.
2.
Penilai meminta guru menyediakan
dokumen/catatan yang membuktikan kerjasamanya dengan teman sejawat dan/atau
tenaga kependidikan untuk membantu peserta didik yang membutuhkan layanan
khusus (misalnya layanan BK dengan guru BK, layanan administrasi dengan tenaga
kependidikan, dsb).
3. Tanyakan
kepada teman sejawat dan/atau orang tua peserta didik tentang perilaku, sikap,
atau kegiatan guru yang berhubungan dengan kegiatan non-pembelajaran.
KOMPETENSI 13
|
:
|
Penguasaan
materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran
yang diampu
|
Jenis dan cara menilai
|
:
|
Profesional (Pengamatan)
|
Pernyataan
|
:
|
Rancangan, materi dan kegiatan
pembelajaran, penyajian materi baru dan respon guru terhadap peserta didik
memuat informasi pelajaran yang tepat dan mutakhir. Pengetahuan ini
ditampilkan sesuai dengan usia dan tingkat pembelajaran peserta didik. Guru
benar‐benar
memahami mata pelajaran dan bagaimana mata pelajaran tersebut disajikan di
dalam kurikulum. Guru dapat mengatur, menyesuaikan dan menambah aktifitas
untuk membantu peserta didik menguasai aspek aspek penting dari suatu
pelajaran dan meningkatkan minat dan perhatian peserta didik terhadap
pelajaran
|
INDIKATOR
1.
Guru
melakukan pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran
yangdiampunya, untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit,
melakukan perencanaandan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi
waktu yang diperlukan.
2.
Guru
menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaanpembelajaran.
3.
Guru
menyusun materi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi
yang tepat,mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep
materi pembelajaran.
PROSES PENILAIAN
Sebelum Pengamatan:
Cermati RPP. Pelajari apakah materi yang tercakup dalam RPP merupakan
materi yang tepat dan mutakhir.
Selama Pengamatan:
1.
Amati apakah guru menguasai, terampil dan
lancar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran atau apakah guru harus sering
menggunakan catatan atau buku untuk menyampaikan pembelajaran.
2.
Amati apakah guru melaksanakan kegiatan
pembelajaran berdasarkan kerangka topik yang dibahas, apakah guru dapat
mengidentifikasi bagian-bagian yang penting atau tidak dari topik tersebut.
3.
Amati apakah guru mengetahui topik-topik
tertentu yang mungkin sulit dipahami
oleh peserta didik dan memerlukan pengulangan secara bervariasi.
4.
Amati bagaimana guru merespon pertanyaan atau
pendapat peserta didik (apakah guru mau mendengar, menghargai dan merespon
secara tepat dan benar pertanyaan dan pendapat peserta didik).
5.
Amati bagaimana guru menanggapi pertanyaan
atau tanggapan peserta didik yang tidak relevan dengan tujuan pembelajaran.
6.
Amati berapa lama guru menanggapi pertanyaan
atau tanggapan peserta didik tertentu tanpa mengabaikan peserta didik lainnya.
Setelah pengamatan: -
Pemantauan: -
KOMPETENSI14
|
:
|
Mengembangkan keprofesian melalui
tindakan reflektif
|
Jenis dan cara menilai
|
:
|
Profesional (Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru melakukan refleksi terhadap
kinerja sendiri secara terus menerus dan memanfaatkan hasil refleksi untuk
meningkatkan keprofesian. Guru melakukan penelitian tindakan kelas dan
mengikuti perkembangan keprofesian melalui belajar dari berbagai sumber, guru
juga memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pengembangan keprofesian jika
dimungkinkan.
an
|
INDIKATOR
1.
Guru
melakukan evaluasi diri secara spesifik, lengkap, dan didukung dengan
contohpengalaman diri sendiri.
2.
Guru
memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan dari teman sejawat atau hasil
penilaianproses pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya.
3.
Guru
memanfaatkan bukti gambaran kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan
danpelaksanaan pembelajaran selanjutnya dalam program Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB).
4.
Guru
dapat mengaplikasikan pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan,
penilaianpembelajaran dan tindak lanjutnya.
5.
Guru
melakukan penelitian, mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan
ilmiah(misalnya seminar, konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB.
6.
Guru
dapat memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB.
PROSES PENILIAN
Sebelum pengamatan: -
Selama Pengamatan: -
Setelah Pengamatan: -
Pemantauan:
1. Penilai
meminta guru menyediakan evaluasi diri dan rencana tahunan program PKB.
2. Penilai
meminta guru menyediakan bukti tentang keikutsertaanya dalam melaksanakan
kegiatan PKB.
3. Penilai
meminta guru menjelaskan dampak PKB terhadap pembelajaran dengan contoh atau
bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.
4. Penilai
meminta guru menyediakan bukti tentang refleksi diri misalnya jurnal
pembelajaran, catatan penting dalam RPP, dsb.
5. Penilai
bertanya kepada guru apakah pernah mengakses laman (website) yang terkait dengan program PKB, jika ya berikan
contohnya.
6. Penilai
meminta guru menjelaskan bagaimana memperoleh masukan dari peserta didik
tentang kegiatan pembelajaran (misalnya apakah yang dipelajari menarik,
bermanfaat bagi peserta didik, sesuai dengan kebutuhannya, dsb.).
7. Penilai
meminta guru menjelaskan apakah guru merupakan anggota profesi tertentu, apakah
guru selalu hadir dalam kegiatan keprofesian: KKG/MGMP, seminar, lokakarya, dsb.
8. Penilai
meminta guru menjelaskan tentang perannya dalam kegiatan keprofesian (misalnya
KKG/MGMP, seminar, lokakarya, dsb.), dan apakah hasil kegiatan keprofesian
diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran dan diimbaskan kepada teman sejawat.
9. Penilai
melaksanakan wawancara dengan koordinator PKB dan bertanya bagaimana guru
berpartisipasi dalam kegiatan PKB.
10. Penilai
melaksanakan wawancara dengan pengelola dan/atau peserta KKG/MGMP bagaimana
guru yang dinilai berpartisiapasi dalam kegiatan yang dilaksanakan dalam
program KKG/MGMP