A.
|
PERNYATAAN KEPRIBADIAN
|
|
1.
|
Bertindak sesuai dengan
norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia
|
|
|
a.
|
Guru menghargai dan mempromosikan prinsip‐prinsip Pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi semua warga
Indonesia
|
|
|
b.
|
Guru mengembangkan kerjasama dan membina
kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang ada
(misalnya: suku, agama, dan gender)
|
|
|
c.
|
Guru saling menghormati dan menghargai teman
sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing‐masing.
|
|
|
d.
|
Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai
bangsa Indonesia
|
|
|
e.
|
Guru mempunyai pandangan yang
luas tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya: budaya, suku, agama).
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menunjukkan pribadi yang
dewasa dan teladan.
|
|
|
a.
|
Guru bertingkah laku sopan dalam berbicara,
berpenampilan, dan berbuat terhadap semua peserta didik, orang tua, dan teman
sejawat
|
|
|
b.
|
Guru mau membagi pengalamannya dengan kolega,
termasuk mengundang mereka untuk mengobservasi cara mengajarnya dan
memberikan masukan
|
|
|
c.
|
Guru mampu mengelola pembelajaran yang
membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik, sehingga semua peserta
didik selalu memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran
|
|
|
d.
|
Guru bersikap dewasa dalam menerima masukan dari
peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
berpartisipasi dalam proses pembelajaran
|
|
|
e.
|
Guru berperilaku baik untuk
mencitrakan nama baik sekolah
|
|
|
|
|
|
3.
|
Etos kerja, tanggung
jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
|
|
|
a.
|
Guru mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu.
Jika guru harus meninggalkan kelas, guru
mengaktifkan siswa dengan melakukan hal‐hal produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau
guru lain untuk mengawasi kelas
|
|
|
b.
|
Guru memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan
semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan persetujuan
pengelola sekolah
|
|
|
c.
|
Guru meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan
memberikan alasan dan bukti yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang
telah direncanakan, termasuk proses pembelajaran di kelas
|
|
|
d.
|
Guru menyelesaikan semua tugas administratif dan
non‐pembelajaran dengan tepat waktu
sesuai standar yang ditetapkan
|
|
|
e.
|
Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar
untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya
|
|
|
f.
|
Guru memberikan kontribusi terhadap pengembangan
sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif terhadap nama baik
sekolah
|
|
|
g.
|
Guru merasa bangga dengan
profesinya sebagai guru
|
|
|
|
|
|
B.
|
PERNYATAAN SOSIAL
|
|
1.
|
Bersikap inklusif,
bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif
|
|
|
a.
|
Guru memperlakukan semua peserta didik secara adil, memberikan perhatian
dan bantuan sesuai kebutuhan masing‐masing, tanpa memperdulikan faktor personal
|
|
|
b.
|
Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan
teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif terhadap semua
diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya
|
|
|
c.
|
Guru sering berinteraksi dengan
peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu
(misalnya: peserta didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama
dengan guru)
|
|
|
|
|
|
2.
|
Komunikasi dengan
sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua peserta didik, dan masyarakat
|
|
|
a.
|
Guru menyampaikan informasi tentang kemajuan,
kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya, baik dalam
pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua, teman
sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya
|
|
|
b.
|
Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan di luar
pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan masyarakat dan dapat
memberikan bukti keikutsertaannya
|
|
|
c.
|
Guru memperhatikan sekolah
sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar,
serta berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat
|
|