Pelaksanaan
Penilaian Kinerja Guru meliputi penilaian formatif dan sumatif. Dalam satu
tahun pelajaran, sekurang-kurangnya pelaksanaan penilaian kinerja sebanyak dua
kali yakni awal tahun pelajaran dan akhir tahun pelajaran. Artinya setiap semester
guru akan dinilai kinerjanya.
Jabatan
fungsional Guru adalah jabatan
fungsional yang mempunyai: ruang
lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik,
mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta
didik.
Berikut
contoh lengkap mengenai Laporan Hasil PKG Guru Kelas / Mata Pelajaran :
LAPORAN DAN EVALUASI
PENILAIAN KINERJA GURUKELAS/MATA PELAJARAN
Nama
Guru
|
:
|
|
NIP
/ Nomor Seri Karpeg
|
:
|
/
|
Pangkat/Golongan
Ruang/TMT
|
:
|
/ /
|
NUPTK
/ NRG
|
:
|
/
|
Nama
Sekolah dan Alamat
|
:
|
|
|
|
|
Tanggal
Mulai Bekerja di Sekolah ini
|
:
|
|
Periode
Penilaian
|
:
|
s.d.
|
PERSETUJUAN
(Persetujuan ini
hanyaditandatanganioleh penilai dan guru yang dinilai)
Penilai dan guru yang
dinilai menyatakan telah membaca dan memahami semua aspek yang ditulis/dilaporkan
dalam format penilaian ini dan menyatakan setuju
Nama
Guru : .........................................................Nama Penilai : .........................................................
Tanda
Tangan: ......................................................... Tanda Tangan: .........................................................
Tanggal : .........................................................
|
Kompetensi 1 : Mengenal Karakteristik
Peserta Didik
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi
Pedagogik (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru : ..................................................................................................................
Nama Penilai : ..................................................................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau
keterangan guru
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan
guru (catat kegiatan yang dilakukan)
|
Kompetensi 1 : Mengenal Karakteristik Peserta Didik
|
Indikator
|
Skor
|
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
1.
Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik
di kelasnya.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang
sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang
sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar
yang berbeda.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik
untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta
didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar
dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak
termarginalkan (tersisihkan, diolok‐olok, minder, dsb)
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
|
|
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
|
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
|
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
|
Kompetensi 2 :
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan)
Nama Guru : ..................................................................................................................
Nama Penilai : ..................................................................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau
keterangan guru
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
|
Kompetensi 2 : Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik
|
Indikator
|
Skor
|
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
1.
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi
pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses
pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi
pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya
berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang
dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait
keberhasilan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar
peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama
lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta
didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami
materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki
rancangan pembelajaran berikutnya.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
|
|
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
|
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
|
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
|
Kompetensi 3 : Pengembangan
kurikulum
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan)
Nama Guru : ..................................................................................................................
Nama Penilai : ..................................................................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau
keterangan guru
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
|
Kompetensi 3 : Pengembangan kurikulum
|
Indikator
|
Skor
|
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
1.
Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk
membahas materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi
dasar yang ditetapkan.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan
pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat
kemampuan belajar peserta didik, d) dapat dilaksanakan di kelas dan e) sesuai
dengan konteks kehidupan sehari‐hari peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
|
|
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
|
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
|
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
|
Kompetensi 4 : Kegiatan
pembelajaran yang mendidik
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan)
Nama Guru : ..................................................................................................................
Nama Penilai : ..................................................................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau
keterangan guru
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
|
Kompetensi 4 : Kegiatan pembelajaran yang mendidik
|
Indikator
|
Skor
|
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
1. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang
telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut
mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu
proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta
didik merasa tertekan.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan)
sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan
proses pembelajaran, bukan semata‐mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui
terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju/tidak setuju dengan jawaban tersebut,
sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yg benar.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan
mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari‐hari peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu
yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat
kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk
dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta dapat termanfaatkan
secara produktif.
|
0
|
1
|
2
|
8. Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan
kondisi kelas.
|
0
|
1
|
2
|
9. Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya,
mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain.
|
0
|
1
|
2
|
10. Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis
untuk membantu proses belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah
informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi
sebelumnya.
|
0
|
1
|
2
|
11. Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio‐visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan
motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
|
|
Skor maksimum =
jumlah indikator x 2
|
|
Persentase = (total
skor/skor maksimum) x 100%
|
|
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
|
Kompetensi 5 : Memahami dan mengembangkan
potensi
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi
Pedagogik (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru : ..................................................................................................................
Nama Penilai : ..................................................................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau
keterangan guru
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan
guru (catat kegiatan yang dilakukan)
|
Kompetensi 5 : Memahami dan mengembangkan potensi
|
Indikator
|
Skor
|
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
1. Guru menganalisis hasil belajar
berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk
mengetahui tingkat kemajuan masing‐masing.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong
peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecakapan dan pola belajar masing‐masing.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk
memunculkan daya kreativitas dan
kemampuan berfikir kritis peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran
dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat,
potensi, dan kesulitan belajar masingmasing peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan
cara belajarnya masingmasing.
|
0
|
1
|
2
|
7.
Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan peserta didik dan
mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang disampaikan.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
|
|
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
|
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
|
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
|
Kompetensi 6 :
Komunikasi dengan
peserta didik
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan)
Nama Guru : ..................................................................................................................
Nama Penilai : ..................................................................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau
keterangan guru
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
|
Kompetensi 6 : Komunikasi
dengan peserta didik
|
Indikator
|
Skor
|
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
1.
Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga
partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang
menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan
tanggapan peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk
membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru menanggapi pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir,
sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja
sama yang baik antarpeserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban
peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur
tingkat pemahaman peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan
meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada
peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
|
|
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
|
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
|
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
|
Kompetensi 7 :
Penilaian dan
evaluasi
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan)
Nama Guru : ..................................................................................................................
Nama Penilai : ..................................................................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau
keterangan guru
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
|
Kompetensi 7 : Penilaian
dan evaluasi
|
Indikator
|
Skor
|
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
1.
Guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam RPP.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis
penilaian, selain penilaian formal yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan
hasil serta implikasinya kepada peserta didik, tentang tingkat
pemahaman terhadap materi
pembelajaran yang telah dan akan dipelajari.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi
topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan
masing‐masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru memanfaatkan masukan dari
peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran
selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui catatan, jurnal pembelajaran,
rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru memanfatkan hasil penilaian
sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan
selanjutnya.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
|
|
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
|
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
|
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
|
Kompetensi 8 :
Bertindak sesuai dengan norma agama,
hukum, sosial dan kebudayaan
nasional
Indonesia
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi
Kepribadian (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru : ..................................................................................................................
Nama Penilai : ..................................................................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan
guru (catat kegiatan yang dilakukan)
|
Kompetensi 8 : Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum,
sosial dan kebudayaan
nasional
Indonesia
|
Indikator
|
Skor
|
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
1.
Guru menghargai dan mempromosikan prinsip‐prinsip Pancasila sebagai
dasar ideologi dan etika bagi semua warga Indonesia.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru mengembangkan kerjasama dan membina kebersamaan dengan teman
sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang ada (misalnya: suku, agama, dan
gender).
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru saling menghormati dan menghargai teman sejawat sesuai dengan
kondisi dan keberadaan masing‐masing.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru mempunyai pandangan yang luas tentang keberagaman bangsa
Indonesia (misalnya: budaya, suku, agama).
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
|
|
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
|
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
|
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
|
Kompetensi 9 :
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan
teladan
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi
Kepribadian (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru : ..................................................................................................................
Nama Penilai : ..................................................................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan
guru (catat kegiatan yang dilakukan)
|
Kompetensi 9 : Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan
|
Indikator
|
Skor
|
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
1.
Guru bertingkah laku sopan dalam berbicara, berpenampilan, dan berbuat
terhadap semua peserta didik, orang tua, dan teman sejawat.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru mau membagi pengalamannya dengan kolega, termasuk mengundang
mereka untuk mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru
dihormati oleh peserta didik, sehingga semua peserta didik selalu
memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru bersikap dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik dan
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
|
|
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
|
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
|
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
|
Kompetensi 10 :
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi,
rasa bangga menjadi guru
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi
Kepribadian (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru : ..................................................................................................................
Nama Penilai : ..................................................................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan
guru (catat kegiatan yang dilakukan)
|
Kompetensi 10: Etos kerja,
tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
|
Indikator
|
Skor
|
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
1.
Guru mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu.Jika
guru harus meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan
hal‐hal produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau
guru lain untuk mengawasi kelas.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di
luar jam mengajar berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan
dan bukti yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan,
termasuk proses pembelajaran di kelas.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru menyelesaikan semua tugas administratif dan non‐pembelajaran
dengan tepat waktu sesuai standar yang ditetapkan.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang
produktif terkait dengan tugasnya.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai
prestasi yang berdampak positif terhadap nama baik sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru merasa bangga dengan
profesinya sebagai guru.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
|
|
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
|
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
|
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
|
Kompetensi 11 :
Bersikap inklusif, bertindak obyektif,
serta tidak diskriminatif.
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi
Sosial (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru : ..................................................................................................................
Nama Penilai : ..................................................................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan
guru (catat kegiatan yang dilakukan)
|
Kompetensi 11 : Bersikap
inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif.
|
Indikator
|
Skor
|
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
1.
Guru memperlakukan semua peserta didik secara adil, memberikan
perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing‐masing, tanpa memperdulikan
faktor personal.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat
inklusif), serta berkontribusi positif terhadap semua diskusi formal dan
informal terkait dengan pekerjaannya.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru sering berinteraksi dengan peserta didik dan tidak membatasi
perhatiannya hanya pada kelompok tertentu (misalnya: peserta didik yang
pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama dengan guru).
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
|
|
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
|
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
|
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
|
Kompetensi 12 :
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga
kependidikan, orang tua
peserta
didik, dan masyarakat.
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi Sosial (Pemantauan)
Nama Guru : ..................................................................................................................
Nama Penilai : ..................................................................................................................
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan
guru (catat kegiatan yang dilakukan)
|
Kompetensi 12 : Komunikasi dengan sesama guru, tenaga
kependidikan, orang tua
peserta
didik, dan masyarakat.
|
Indikator
|
Skor
|
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
1.
Guru menyampaikan informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi
peserta didik kepada orang tuanya, baik dalam pertemuan formal maupun tidak formal
antara guru dan orang tua, teman sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan di luar pembelajaran yang
diselenggarakan oleh sekolah dan masyarakat dan dapat memberikan bukti
keikutsertaannya.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru memperhatikan sekolah sebagai bagian dari masyarakat,
berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, serta berperan dalam kegiatan sosial
di masyarakat.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
|
|
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
|
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
|
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
|
Kompetensi 13 :
Penguasaan materi struktur konsep dan
pola pikir keilmuan yang
mendukung
mata pelajaran yang diampu
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi
Profesional (Pengamatan)
Nama Guru : ..................................................................................................................
Nama Penilai : ..................................................................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
|
Kompetensi 13 : Penguasaan materi struktur konsep dan pola
pikir keilmuan yang
mendukung
mata pelajaran yang diampu
|
Indikator
|
Skor
|
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
1.
Guru melakukan pemetaan
standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya,
untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu
yang diperlukan.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru menyertakan
informasi yang tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru menyusun materi,
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat,
mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
|
|
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
|
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
|
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
|
Kompetensi 14 : Mengembangkan keprofesian melalui tindakan
reflektif
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi Profesional (Pemantauan)
Nama Guru : ..................................................................................................................
Nama Penilai : ..................................................................................................................
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
|
Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan
guru (catat kegiatan yang dilakukan)
|
Kompetensi 14 : Mengembangkan
keprofesian melalui tindakan reflektif
|
Indikator
|
Skor
|
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
1.
Guru melakukan evaluasi diri secara spesifik, lengkap, dan didukung
dengan contoh pengalaman diri sendiri.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan dari teman sejawat
atau hasil penilaian proses pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan
kinerjanya.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru memanfaatkan bukti gambaran kinerjanya untuk mengembangkan
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran selanjutnya dalam program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru dapat mengaplikasikan pengalaman PKB dalam perencanaan,
pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan tindak lanjutnya.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru melakukan penelitian, mengembangkan karya inovasi, mengikuti
kegiatan ilmiah (misalnya seminar, konferensi), dan aktif dalam melaksanakan
PKB.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru dapat memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor
|
|
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
|
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
|
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
|
REKAP HASIL
PENILAIAN KINERJA GURU KELAS/MATA PELAJARAN
a.
Nama : ………………………………………..................................................
N I P : ………………………………………..................................................
Tempat/Tanggal Lahir : ……………………………/………….................................................
Pangkat/Jabatan/Golongan : ………………………………/………......................../.......................
TMT sebagai guru : ………………………………………..................................................
Masa Kerja : ……………… Tahun ………………Bulan
Jenis Kelamin :
L / P
Pendidikan
Terakhir/Spesialisasi : ……………………………………/…..................................................
Program Keahlian yang diampu : ………………………………………..................................................
b. Nama Instansi/Sekolah :
………………………………………..................................................
Telp / Fax :
………………………………………../................................................
Kelurahan :
………………………………………..................................................
Kecamatan :
………………………………………..................................................
Kabupaten/kota : ………………………………………..................................................
Provinsi : ………………………………………..................................................
Periodepenilaian
……………………….......... sampai ……………………..........
(tanggal, bulan, tahun) (tanggal,
bulan, tahun)
|
Tahun
……………..
|
|
|
|
NO
|
K O M P E T E N S I
|
NILAI *)
|
A.
Pedagogik
|
1.
|
Menguasai
karakteristik peserta didik
|
|
2.
|
Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
|
|
3.
|
Pengembangan
kurikulum
|
|
4.
|
Kegiatan
pembelajaran yang mendidik
|
|
5.
|
Pengembangan
potensi peserta didik
|
|
6.
|
Komunikasi
dengan peserta didik
|
|
7.
|
Penilaian
dan evaluasi
|
|
B.
Kepribadian
|
8.
|
Bertindak
sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional
|
|
9.
|
Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan
|
|
10.
|
Etos
kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
|
|
C.
Sosial
|
11.
|
Bersikap
inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif
|
|
12.
|
Komunikasi
dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan
masyarakat
|
|
D.
Profesional
|
13.
|
Penguasaan
materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu
|
|
14.
|
Mengembangkan
keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif
|
|
Jumlah (Hasil penilaian kinerja guru)
|
|
*)
Nilai diisi berdasarkan laporan dan evaluasi PK Guru. Nilai minimum per
kompetensi = 1 dan nilai maksimum = 4
|
…………………,
………………..………………..
|
Guru yang Dinilai
Penilai
Kepala Sekolah
( _________________ ) (
_________________ )
( _________________ )
|
PENGHITUNGAN ANGKA
KREDIT
PENILAIAN KINERJA
GURU KELAS/MATA PELAJARAN
a. Nama :
..............................................................................................................................................
N I P :
..............................................................................................................................................
Tempat/Tanggal Lahir :
......................................./.....................................................................................................
Pangkat/Jabatan/Golongan : ........................................................../................................................../..............................
TMT sebagai guru :..............................................................................................................................................
Masa Kerja :
..............................................................................................................................................
Jenis Kelamin :
..............................................................................................................................................
Pendidikan Terakhir/Spesialisasi : .............................................................../.............................................................................
Program Keahlian yang diampu : ..............................................................................................................................................
b. Nama Instansi/Sekolah : ..............................................................................................................................................
Telp / Fax :
..............................................................................................................................................
Kelurahan :
..............................................................................................................................................
Kecamatan :
..............................................................................................................................................
Kabupaten/kota :
..............................................................................................................................................
Provinsi :
..............................................................................................................................................
Nilai PK GURU untuk:
|
§
Pembelajaran/Bimbingan
|
|
§
Tugas tambahan sebagai ..............................
|
|
Konversi nilai PK GURU ke dalam skala 0 – 100 sesuai Permenneg PAN & RB No. 16 Tahun
2009 dengan rumus
|
§
Pembelajaran/Bimbingan
|
|
§
Tugas tambahan sebagai
..............................
|
|
Sebutan dan persentase angka kreditnya
sesuai dengan Permenneg PAN & RB No. 16 Tahun 2009
|
§
Pembelajaran/Bimbingan
|
Sebutan:
|
|
§
Tugas tambahan sebagai
..............................
|
Sebutan:
|
|
Perolehan angka kredit (pembelajaran/Bimbingan) per tahun bagi guru
dengan tugas tambahan sebagai ...........................
|
|
Perolehan angka kredit tugas tambahan per tahun sebagai
...........................
|
|
|
..................., .........................................
|
Guru yang dinilai
|
Penilai
|
Kepala Sekolah
|
_____________________
NIP
|
_____________________
NIP
|
_____________________
NIP
|