Jean
Jacques Rousseau merupakan ahli pendidikan beraliran liberal yang menjadi
pendorong pembelajaran discovery.
Rousseau mulai mengadakan kajian pada 1800an. Menurut Rousseau, perkembangan
anak terbagi menjadi empat tahap, yaitu
1)
Masa bayi / infancy (0-2 tahun).
Oleh
Rousseau, usia antara 0-2 tahun adalah masa perkembangan fisik. Kecepatan
pertumbuhan fisik lebih dominan dibandingkan perkembangan aspek lain, sehingga
anak disebut sebagai binatang yang sehat.
2)
Masa anak / childhood (2-12 tahun)
Masa
antara 2-12 tahun disebut masa perkembangan sebagai manusia primitive. Kecuali masih terjadi
pertumbuhan fisik secara pesat, aspek lain sebagai manusia juga mulai
berkembang, misalnya kemampuan berbicara, berpikir, intelektual, moral, dll.
3)
Masa remaja awal / pubescence (12-15
tahun)
Masa
usia 12-15, disebut masa remaja awal / pubescence,
ditandai dengan perkembangan pesat intelektual dan kemampuan bernalar juga
disebut masa bertualang.
4)
Masa remaja / adolescence (15-25
tahun)
Usia
15-25 tahun disebut masa remaja / adolescence.
Pada masa ini tejadi perkembangan pesat aspek seksual, sosial, moral, dan
nurani, juga disebut masa hidup sebagai manusia beradab.