Penggunaan
media maupun alat-alat modern di dalam pembelajaran bukan berarti mengganti
cara mengajar yang baik, melainkan melengkapi dan membantu para guru dalam
menyampaikan materi atau informasi kepada siswa. Dengan menggunakan media
diharapkan terjadinya komunikasi yang komunikatif, siswa mudah memahami maksud
dari materi yang disampaikan guru di depan kelas, kemudian sebaliknya guru juga
mudah dalam mengkomunikasikan pengetahuan kepada siswa, melalui media guru
dapat membuat contoh-contoh, interprestasi-interprestasi sehingga siswa
mendapat kesamaan arti sesama mereka.
Agar
kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung efektif dalam mewujudkan
tujuan-tujuan yang ingin dicapai, diperlukan adanya dukungan media
pembelajaran. Pemilihan media terbaik untuk tujuan pembelajaran tertentu
bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, berbagai pendapat yang dikemukakan
para ahli kadang-kadng berbeda satu sama lain karena titik tolak pandangan yang
berbeda.
Dalam
pemilihan media Gagne, dkk (1988) menyarankan perlunya mempertimbangkan hal-hal
berikut.
a.
Variabel Tugas
Dalam
pemilihan media, guru harus menentukan jenis kemampuan yang diharapkan dari
siswa sebagai hasil pembelajaran. Disarankan untuk menentukan jenis stimulus
yang diinginkan sebelum melakuakan pemilihan media.
b.
Variabel Siswa
Karakteristik
siswa perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media, walaupun belum ada
kesepakatan karakteristik mana yang penting. Namun guru menyadari bahwa setiap
siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda.
c.
Lingkungan Belajar
Pertimbangan
ini lebih bersifat administratif. Berbagai hal yang termasuk di dalamnya
adalah: besarnya biaya, ukuran ruang kelas, ketersediaan perlengkapan
penunjang, dan kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran
d.
Lingkungan Pengembangan
Jelas
akan menjadi sia-sia untuk merencanakan penyajian yang baik apabila
sumber-sumber seperti ketersediaan waaktu dan pengembangan personel tidak
mendukung untuk kegiatan tersebut.
e.
Ekonomi dan Budaya
Dalam
pemilihan media harus mempertimbangkan apakah media tersebut dapat diterima
oleh si pemakai dan sesuai dengan sumber dana dan peralatan yang tersedia
f.
Faktor-Faktor Praktis
Hal-hal
yang termasuk dalam faktor praktis antara lain: besarnya siswa dalam satu
ruangan, jarak antara penglihatan dan pendengaran pengguna media, seberapa
mudah media mampu mempengaruhi respon siswa, pengalaman guru dalam menggunakan
media, dll
Pertimbangan
yang lebih singkat dalam pemilihan media adalah:
a.
Tujuan yang ingin dicapai.
Media
dipilih berdasarkan tujuan pembelajarn yang telah ditetapkan yang secara umum
mengacu kepada salah satu atau gabungan dari dua atau tiga ranah koqnitif,
afektif, psikomotorik.
b.
Kesesuaian media dengan materi Ajar
Tepat
dan berguna bagi pemahaman bahan ajar yang dipelajari
c.
Karakteristik Siswa
Kemampuan
daya pikir dan daya tangkap peserta didik dan besar kecilnya kelemahan peserta
didik perlu dipertimbangkan
d.
Gaya belajar siswa
Pemilihan
ini didasarkan pada kondisi psikologis siswa bahwa siswa belajar dipengaruhi
oleh gaya belajar siswa.
e.
Kondisi lingkungan, fasilitas pendukung, dan waktu yang tersedia.
Ada
beberapa hal yang perlu diperhatikan guru dalam menggunakan media pembelajaran
untuk mempertinggi kualitas pembelajaran.
a.
Guru,
perlu memiliki pemahaman terhadap media pembelajaran antara lain jenis dan
manfaat media pembelajaran, criteria memilih dan menggunakan media
pembelajaran, menggunakan media sebagai alat Bantu mengajar dan tindak lanjut
penggunaan media dalam proses belajar.
b.
Guru
harus terampil membuat media pembelajaran sederhana untuk keperluan
pembelajaran
c.
Guru
harus mampu menilai keefektifan penggunaan media dalam proses pembelajaran.
Menilai keefektifan media pembelajaran penting agar guru dapat menentukan
apakah penggunaaan media mutlak diperlukan atau tidak. Apabila penggunaan media
pembelajaran tidak mempengaruhi proses dan kualitas pembelajaran, sebaiknya
guru tidak memaksakan penggunaanya.