Latar belakang diadakannya Olimpiade Sains Nasional (OSN) - Penilaian
proses serta hasil belajar secara bertahap dan berkelanjutan merupakan upaya
peningkatan mutu pendidikan yang terus dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan
Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Upaya ini merupakan tindakan konkret untuk
mewujudkan dan memelihara suatu kondisi pendidikan dasar yang bermutu,
menyenangkan, dan memungkinkan berkembangnya kemampuan peserta didik untuk
mengembangkan daya nalar, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis sesuai
dengan tingkat perkembangannya.
Sejalan
dengan pelaksanaan otonomi daerah di bidang pendidikan yang telah berlangsung
sejak 2001, maka sebagaian kewenangan pemerintah pusat dalam penyelenggaraan
pendidikan dilimpahkan pada daerah, baik di tingkat kabupaten/kota maupun
provinsi. Namun demikian, standarisasi mutu penyelenggaraan pendidikan tetap
menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Penguatan mutu ditingkat jenjang
sekolah dasar menjadi penting, mengingat pendidikan dasar merupakan pondasi
bagi jenjang yang lebih tinggi.
Upaya
penguatan pondasi tersebut harus ditempuh dengan mewujudkan pendidikan yang
berorientasi pada peserta didik agar mampu berkreasi dan memecahkan masalah
yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, paradigma
pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, kemampuan
berpikir kritis dan sadar terhadap lingkungan harus diaplikasikan dalam setiap
langkah pengembangan ke depan.
Salah
satu indikator peningkatan mutu pada suatu jenjang pendidikan adalah
meningkatnya kemampuan peserta didik baik mengenai substansi pelajaran maupun
perkembangan kreativitas, daya nalar, sikap, dan budi pekerti para peserta
didik. Oleh karena itu, kompetisi atau lomba kemampuan peserta didik dalam
bentuk olimpiade mata pelajaran untuk seluruh daerah perlu diadakan, agar semangat
dan komitmen para praktisi pendidikan di daerah tetap terpelihara dan
memungkinkan mereka selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan.
Olimpiade
Sains Nasional (OSN) tingkat SD/MI dan atau yang sederajat telah dirintis sejak
tahun 2003 merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma
pendidikan di atas. Pelaksanaan olimpiade secara berkelanjutan akan berdampak
positif pada peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran sehingga menjadi
lebih kreatif dan inovatif. Olimpiade Sains Nasional untuk peserta didik SD/MI
dan atau yang sederajat ini diselenggarakan untuk memotivasi para peserta
didik, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat
dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik, sekaligus
meningkatkan kualitas pendidikan di daerah masing-masing.