Sasaran
(tujuan jangka pendek atau tujuan situasional) dari pengembangan kegiatan
kesiswaan ini adalah terwujudnya berbagai kegiatan kesiswaan dalam berbagai
bidang, sehingga program-program yang dapat dikembangkan antara lain:
(1)
sosialisasi
tentang kegiatan kesiswaan,
(2)
peningkatan
perencanaan program kegiatan kesiswaan (kegiatan IMTAQ, kreativitas, OR,
kesenian, keterampilan, Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR), Lomba Penelitian
Ilmiah Remaja (LPIR), kegiatan ini antara lain persiapan siswa mengikuti
olimpiade Matematika, Biologi, atau Fisika, lomba mengarang dalam bahasa
Indonesia, dan lomba berpidato dalam bahasa Inggris, pencegahan penyalahgunaan
narkoba, dan pembangunan karakter bangsa),
(3)
peningkatan
implementasi kegiatan kesiswaan,
(4)
peningkatan
supervisi, monitoring dan evaluasi dalam program kegiatan kesiswaan,
(5)
peningkatan
manajemen program kegiatan kesiswaan,
(6)
dan
sebagainya.
Strategi
yang dapat dilakukan untuk mewujudkan sasaran di atas antara lain:
(1)
melaksanakan
workshop/pelatihan secara internal di sekolah,
(2)
kerjasama
dengan komite sekolah,
(3)
kerjasama
dengan masyarakat,
(4)
kerjasama
dengan LPTK/instansi lain yang relevan,
(5)
kerjasama
dengan dunia usaha/industri,
(6)
Melaksanakan
lomba-lomba,
(7)
dan
sebagainya.