Berikut Panduan Penilaian oleh Pendidik dan
Satuan Pendidikan Edisi Revisi untuk Sekolah Menengah Pertama. Peraturan
Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah
Nasional 2015-2019 menjelaskan, bahwa sasaran pembangunan di bidang pendidikan
antara lain peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, tersedianya kurikulum
yang handal, dan tersedianya sistem penilaian yang komprehensif. Untuk itu
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan Badan
Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui
Pusat Penilaian Pendidikan, menyusun Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan
Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Panduan ini berisi konsep penilaian,
penilaian oleh pendidik yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
serta penilaian oleh satuan pendidikan. Di samping itu, dalam panduan ini
diuraikan cara menetapkan KKM mengisi rapor. Panduan ini bertujuan untuk
memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan
melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta
membuat laporan pencapaian kompetensi peserta didik.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan
Menengah menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya
atas peran berbagai pihak dalam penyusunan panduan ini. Secara khusus
disampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada tim penyusun yang telah
bekerja keras dalam menuntaskan panduan ini.
Panduan ini tentulah masih belum sempurna.
Oleh karena itu, diperlukan masukan dari berbagai pihak, terutama kepala
sekolah, wali kelas, dan para pendidik untuk penyempurnaan lebih lanjut.
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
I. Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Tujuan Penyusunan Panduan
C. Ruang Lingkup
D. Sasaran Pengguna Panduan
E. Landasan Hukum
II. Konsep Penilaian
A. Pengertian
B. Pendekatan Penilaian
C. Prinsip Penilaian
D. Penilaian dalam Kurikulum 2013
1. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
2. Model KKM
3. Remedial dan Pengayaan
III. Penilaian oleh Pendidik
A. Penilaian Sikap
1. Pengertian Penilaian Sikap
2. Teknik Penilaian
3. Perencanaan Penilaian
4. Pelaksanaan Penilaian
5. Pengolahan Hasil Penilaian
6. Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil
Penilaian
B. Penilaian Pengetahuan
1. Pengertian Penilaian Pengetahuan
2. Teknik Penilaian
3. Perencanaan Penilaian
4. Pelaksanaan Penilaian
5. Pengolahan Hasil
Penilaian
6. Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil
Penilaian
C. Penilaian Keterampilan
1. Pengertian Penilaian Keterampilan
2. Teknik Penilaian
3. Perencanaan Penilaian
4. Pelaksanaan Penilaian
5. Pengolahan Hasil Penilaian Keterampilan
6. Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil
Penilaian
IV. Penilaian Oleh Satuan Pendidikan
A. Pengertian
B. Lingkup
C. Bentuk Penilaian
D. Instrumen
E. Kriteria Kenaikan Kelas, dan Kriteria
Kelulusan dari Satuan Pendidikan
F. Perencanaan Penilaian
G. Pelaksanaan Penilaian
H. Pengolahan, Pemanfaatan dan Tindak Lanjut
Hasil Penilaian
Daftar Pustaka
Lampiran
Daftar Lampiran
• Program Tahunan
• Program Semester
• Alokasi Waktu
• Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
• Model Rapor Satu KKM
• Model Rapor Multi KK
• Model Rapor SKS Satu KKM
• Model Rapor SKS Multi KKM
• Model POS US
Download selengkapnya Panduan Penilaian
Kurikulum 2013 oleh Guru di tahun pelajaran 2017/2018 pada tombol yang tersedia
di bawah ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.