Sebanyak 15.758 guru dan tenaga
kependidikan honorer di wilayah DKI Jakarta akan mendapatkan honor senilai upah
minimal provinsi (UMP) pada Januari 2016.
Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie
Budhiman mengatakan, keputusan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI
Jakarta Nomor 235 Tahun 2015.
“Hal ini merupakan wujud pelaksanaan
tujuh target operasional Dinas Pendidikan yang kedua, yakni meningkatkan
pelayanan terhadap guru,” ujar Arie Budhiman kepada Warta Kota, Senin
(28/12/2015).
Saat ini, kata Arie, para guru dan tenaga
kependidikan honorer yang akan mendapatkan honor senilai UMP ini masih dalam
proses verifikasi dan validasi.
Adapun dari total guru dan tenaga
kependidikan honorer yang direncanakan mendapatkan honor honorer ini, 9.578
orang merupakan guru honorer dan 6.180 orang merupakan tenaga kependidikan
honorer. Arie menyebutkan, anggaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi
DKI Jakarta melalui APBD untuk membayar honor guru honorer sebesar Rp. 398,4
Miliar per tahunnya.
Sedangkan untuk tenaga kependidikan
sebesar Rp. 247,1 Miliar per tahunnya. Arie berharap, kenaikan honor menjadi
UMP ini bisa mendorong motivasi para guru dan tenaga honorer untuk memberikan
pelayanan yang baik kepada masyarakat.
“Dalam hal ini adalah mengajar
siswa-siswi dengan lebih baik. Lebih profesional dan meningkatkan pengetahuan
dan kemampuannya sebagai guru,” harapnya. Terutama, melihat cerminan nilai
rata-rata uji kompetensi guru di DKI Jakarta yang masih di bawah angka 60.
“Itu belum optimal, semoga ini menjadi
stimulus agar mereka mau meng-upgrade dirinya,” jelas Arie. Ia juga berharap,
dengan naiknya honor menjadi senilai UMP ini, para guru dan tenaga kependidikan
honorer bisa bekerja dengan sungguh-sungguh dan bekerja dengan hati.
“Semoga bisa memberikan dedikasi yang
tinggi untuk masyarakat Jakarta,” ucapnya. Terpenting, Arie menginginkan agar
dengan naiknya honor guru dan tenaga kependidikan honorer ini bisa
mengembangkan karakter guru menjadi lebih baik dan bisa dicontoh oleh siswanya.
(Agustin Setyo Wardani)