Dalam
pengerjaan PUPNS ini diharapkan dilakukan secara individu/mandiri oleh Pegawai
yang bersangkutan dan tidak dikerjakan oleh Operator. Namun jika kurang mahir
dalam mengoperasikan komputer dapat didampingi oleh Operator.
Sahabat
PNS, sebelum mengirim data PUPNS, hal yang harus dilakukan adalah memastikan
bahwa data yang kita inputkan sudah benar-benar valid. Lakukan pengecekan
secara urut pada menu-menu :
1.
Data
Utama
2.
Data
Posisi
3.
Data
Riwayat : Golongan, Pendidikan, Diklat Struktural/Fungsional, Jabatan, Keluarga
4.
Data
Guru ( bagi Guru )
5.
Data
Dokter ( bagi Dokter )
6.
Stakeholders
Notifikasi
yang muncul ketika mengirim data PUPNS secara online adalah "Belum Simpan/Perika Semua Tab".
Pasti hal ini menimbulkan sebuah pertanyaan, data sudah benar valid namun tidak
bisa dikirim. Apa penyebab dan solusinya?
Berikut
adalah cara Mengatasi Gagal Kirim/Belum Simpan/Periksa Semua Tab Pada PUPNS
1.
Jika
data sudh valid klik tombol kirim yang berada di kanan bawah ini :
2.
Selanjutnya
muncul notifikasi "Apakah anda yakin ingin mengirim? Data tidak dapat
diubah kembali setelah dikirim". Klik "Ya".
3.
Nah,
kemudian bagi yang gagal kirim akan muncul notifikasi : Belum Simpan/Periksa
Semua Tab
4.
Untuk
mengatasinya silahkan masuk ke menu/tab-tab yang ada seperti Data Utama, Data
Posisi, Data Riwayat , Data Guru, Data DOkter, dan Stakeholder. Selanjutnya
klik tombol simpan pada tiap-tiap menu tersebut. contohnya :
5.
Jika
sudah, klik tombol "Kirim". (maksudnya data dikirim ke SKPD masing-masing).
6.
Setelah
berhasil dikirim akan muncul menu cetak seperti berikut ini. Jangan lupa
disimpan.
Selanjutnya
dihimbau agar melampirkan berkas-berkas bukti fisik dari data yang dikirim
secara online melalui pendataan PUPNS.
Demikian panduan cara / solusi untuk mengatasi
gagal mengirim data PUPNS secara online dengan adanya Keterangan Belum
Simpan/Periksa Semua Tab Pada PUPNS tahun 2015, semoga bermanfaat bagi kita
semua.