a. Tujuan
Olimpiade
Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
bertujuan agar siswa mampu memahami dan menganalisa fenomena alam di sekitar
kita.
b. Materi
1)
Keterampilan
dan metode ilmiah;
2)
Pengklasifikasian
makhluk hidup berdasarkan makanan, anatomi, sistematik, dan habitat;
3)
Proses
dan mekanisme yang terjadi pada makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan, dan
mikroorganisme);
4)
Interaksi
organisme dengan lingkungan dan informasi mengenai hewan langka;
5)
Isu,
perkembangan dan permasalahan umum tentang kesehatan, lingkungan dan teknologi;
6)
Benda,
yang mencakup sifat dan kegunaan benda padat, benda cair, dan gas;
7)
Energi
dan perubahannya, yang mencakup gaya, panas, cahaya, bunyi, listrik, magnet,
dan penerapan sains;
8)
Tata
surya dan galaksi: proses terbentuknya planet, struktur planet, iklim, rotasi dan
revolusi benda langit, bintang dan galaksi.
c. Teknis Pelaksanaan
1)
Penjelasan
teknis akan diberikan oleh panitia pelaksana OSN-SD tahun 2017 sebelum
pelaksanaan tes berlangsung dan harus diikuti oleh Pembina dan Ketua Tim.
Penjelasan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada para Pembina dan
Ketua Tim mengenai hal-hal yang berkenaan dengan pelaksanaan tes.
2)
Semua
peserta OSN-SD tahun 2017 diwajibkan mengikuti seluruh tes yang telah
disediakan, yaitu tes teori dan eksperimen.
3)
Tes
akan dilaksanakan dalam dua hari dengan rincian sebagai berikut:
a)
Hari
pertama, peserta menyelesaikan soal Tes I dalam bentuk pilihan ganda (30 soal)
dan isian singkat (10 soal), serta Tes II dalam bentuk uraian (12 soal).
b)
Hari
kedua, peserta melakukan eksperimen dan menganalisis hasil yang diperoleh.
4)
Skema
penilaian dibuat oleh tim juri dan disosialisasikan/didiskusikan dengan Pembina
masing-masing provinsi.
5)
Jawaban
peserta digandakan 1 rangkap:
a)
Asli
untuk Tim Juri dan diserahkan ke panitia setelah dinilai
b)
Satu
copy untuk Tim Pembina
6)
Tim
juri dan tim pembina bidang IPA melakukan penilaian terhadap jawaban peserta
OSN-SD dengan skema penilaian yang telah ditentukan.
7)
Pembina
bidang IPA diberi kesempatan untuk menanggapi penilaian tim juri dalam forum
moderasi. Tanggapan terhadap jawaban didasarkan pada kaidah keilmuan yang ada
dan lazim digunakan dalam forum-forum ilmiah. Tanggapan di luar forum ini tidak
akan diperhatikan dan tidak mempengaruhi penilaian. Peserta moderasi adalah
seorang pembina bidang IPA.
d. Kriteria Penilaian
Nilai
total peserta diperoleh dengan menjumlahkan presentase nilai tes teori dan eksperimen
dengan komposisi sebagai berikut:
1.
Tes
I memiliki bobot 30%.
2.
Tes
II memiliki bobot 30%.