Salah satu upaya dari sekian banyak upaya
yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru adalah dengan memotivasi guru
agar dapat menghasilkan sebuah karya. Karya tersebut dapat berupa Penelitian
Tindakan Kelas (PTK).
PTK yang dilakukan oleh guru sangat
penting dan bermanfaat tidak hanya kepada guru yang bersangkutan, tetapi juga
bermanfaat bagi sekolah, orang tua, masyarakat, dunia industri dan dunia usaha,
organisasi profesi, dinas pendidikan, dan kementerian pendidikan.
Kebermanfaatan PTK tersebut sangat
penting dalam kontek ekosistem pendidikan dimana PTK dapat menjadi sumber
informasi dan inspirasi dalam basis kebijakan yang dapat menjadi bukti evidence.
Hasil evaluasi tahun 2015 menyimpulkan
bahwa program bantuan PTK di Tingkat Satuan Pendidikan yang dilakukan Puslitjak
sangat memotivasi guru dan sekaligus membuktikan bahwa guru-guru mampu
menghasilkan sebuah karya yang diwujudkan dalam PTK.
Agar guru terus dapat menjaga kualitas
dan mutu pembelajaran di sekolah, maka guru harus terus mengkaji, membuat
inovasi dan melakukan perubahan-perubahan dalam proses pembelajaran di kelas.
Salah satu upaya dari sekian banyak
alternatif pemecahan masalah yang dapat dilakukan guru adalah dengan melakukan penelitian
yang berkenaan dengan pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas.
Penelitian yang berkaitan dengan pembelajaran di kelas adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK).
PTK sangat mendukung program peningkatan
kualitas pembelajaran di sekolah yang muaranya adalah peningkatan kualitas
pendidikan.
Tujuan Program Bantuan PTK 2016 adalah
sebagai berikut :
1.
Meningkatkan mutu isi, masukan, proses, dan hasil pendidikan dan
pembelajaran di sekolah (SD, SMP, SMA dan SMK).
2.
Membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya mengatasi masalah
pembelajaran dan pendidikan di dalam dan luar kelas.
3.
Meningkatkan sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan.
4.
Memberikan kesempatan bagi guru untuk melakukan PTK yang sekaligus
dapat dijadikan dasar memperoleh angka kredit untuk kenaikan pangkat dalam
jabatan profesional guru.