Pada
menu ini pengguna yang login (Dinas Pendidikan dan LPMP) dapat menampilkan dan
mengorganisir data pengguna operator sekolah yang terdaftar di database Dapodik
di masing-masing sekolah, mengubah data (nama pengguna sekolah, nomor handphone,
nomor telepon, status pengguna (aktif atau tidak aktif), dan mengubah kata
sandi (password) Dapodik. Data pengguna yang ditampilkan adalah pengguna yang
aktif saat ini juga pengguna yang sudah tidak aktif.
Untuk
menggunakan fitur ini, klik sub-menu “Pengguna” yang terdaftar pada menu
“Manajemen”. Pilih peran pengguna, lalu klik “Tampilkan”. Dengan begitu daftar
pengguna akan ditampilkan. Contoh yang kami tampilkan ada daftar pengguna
(operator sekolah).
Gambar Daftar
pengguna sekolah
Pada
menu pengguna ini terdapat dua tombol yang ditampilkan di setiap data pengguna
sekolah. Tombol-tombol tersebut berada di kolom paling kanan di setiap baris
data pengguna.
Gambar Tombol edit
dan delete
Untuk
mengubah data pengguna yang sudah ada sebelumnya, klik “Edit” hingga tampil
form seperti pada gambar dibawah ini.
Gambar Form edit
pengguna sekolah
Klik
data yang ingin diubah, setelah itu klik “Update”.
Catatan:
Jika data yang ingin diubah adalah data selain kata kunci (password), biarkan
kosong agar password Dapodik tidak berubah.
Untuk
melakukan penghapusan data pengguna sekolah, klik “del” pada daftar pengguna yang akan dihapus hingga tampil
peringatan seperti ini. Klik “Setuju
Hapus” untuk melanjutkan.
Gambar Konfirmasi
hapus pengguna sekolah
Catatan:
Hati-hati dalam melakukan fitur penghapusan pengguna ini. Jika pengguna
terhapus, maka data pengguna akan hilang dan mengakibatkan pengguna ini tidak
dapat lagi menggunakan semua fitur aplikasi yang terhubung dengan akun ini.