Supervisi
pendidikan adalah segala usaha pejabat sekolah dalam memimpin guru-guru dan
tenaga kependidikan lainnya, untuk memperbaiki pengajaran termasuk menstimulasi,
menyeleksi pertumbuhan dan perkembangan jabatan guru-guru, menyeleksi dan
merevisi tujuan-tujuan pendidikan, bahan pengajaran, dan metode-metode mengajar
serta evaluasi pengajaran.
Beberapa
instrumen yang terkait dengan supervisI pendidikan sekolah dasar yaitu:
(1)
instrumen
monitoring penerimaan dan orientasi siswa baru,
(2)
instrumen
pengendali jadwal pelajaran,
(3)
instrumen
pemantauan pelaksanaan ulangan umum bersama,
(4)
instrumen
pemantauan pelaksanaan EBTA/EBTANAS,
(5)
instrumen
supervisi administrasi sekolah,
(6)
instrumen
supervisi administrasi kelas, dan
(7)
instrumen
observasi kelas.
Educational
supervision is all efforts done by school functionaries to guide teachers and
other education workers to improve instruction including stimulating, selecting
the growth, and development of the teacher’s position, selecting and revising
educational objectives, teaching materials, teaching methods and instructional
evaluation.
Instruments
related to educational supervision for Elementary Schools comprise those of:
1)
monitoring recruitment and new student’s orientation;
(2)
controlling lesson schedule;
(3)
monitoring the implementation of general examination;
(4)
monitoring the implementation of EBTA / EBTANAS;
(5)
supervising school administration;
(6)
class administration and;
(7)
class observation.